Kisah Hidup Buya Hamka Diangkat Jadi Novel dan Film

Para pemain film Buya Hamka
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

VIVA – Di penghujung 2021, tepatnya pada tanggal 8 Desember 2021, Falcon Publishing menerbitkan sebuah novel terbaru, berjudul BUYA HAMKA: Sebuah Novel Biografi. Novel tersebut ditulis oleh A. Fuadi.

Terungkap Alasan Willy Amrull Adik Buya Hamka Pilih Pindah Kristen dan Jadi Pendeta

Novel BUYA HAMKA mengangkat kisah hidup dan keteladanan tokoh dan ulama besar Indonesia, Buya Hamka. Buku yang ditulis setebal 376 halaman ini menjadi salah satu biografi kisah hidup Hamka yang paling dinantikan. Dan tentu saja, kualitas kepenulisan A. Fuadi menegaskan betapa buku ini patut dinantikan oleh penikmat novel pada umumnya dan pengagum Buya Hamka.

“Buya Hamka novel ke lima saya. Perbedaan dengan novel saya yang lain, Hamka ini tokoh yang nyata. Orang mengenal Hamka sebagai ulama atau penulis. Tapi, ada sisi lain yang menarik diangkat. Saya menjalani riset dengan ngobrol dengan anak dan cucu Hamka, banyak yang saya dapatkan, selain membaca buku-buku tentang Hamka yang sudah ada. Jadi saya kebanjiran bahan saat menulis Hamka ini,” kata A.Fuadi pada saat konferensi pers virtual, 8 Desember 2021.

Top Trending: Kisah Mualaf Dokter Tirta hingga Willy Amrul Adik Kandung Buya Hamka Jadi Pendeta

Selain novel, kisah hidup Buya Hamka juga diangkat menjadi film berjudul Buya Hamka yang disutradrai oleh Fajar Bustomi. Film tersebut dibintangi oleh Vino G Bastian, Laudya Chintya Bella, Mawar De Jongh, Desy Ratnasari, dan yang lainnya.

Sebelum menonton filmnya yang saat ini belum dirilis, A. Fuadi menyarankan agar terlebih dahulu membaca novelnya. Menurutnya, cerita dalam novel dan film memiliki keterkaitan.

Sosok Willy Amrull, Adik Kandung Buya Hamka yang Pindah Agama dan Jadi Pendeta

“Sebelum menonton film Hamka yang disutradarai Fajar Bustomi, baca dulu novel Buya Hamka ini, biar nyambung saat menonton nanti,” ujar A Fuadi.

Fajar Bustomi menjelaskan bahwa novel Buya Hamka karya A. Fuadi merupakan bagian dari film Buya Hamka. “Saya anjurkan, sebelum menonton filmnya, ada baiknya membaca novel Buya Hamka ini. Karena ini bisa menjadi rujukan sebelum menonton filmnya,” ujar Fajar Bustomi. 

Selain novel BUYA HAMKAN, Falcon Publishing juga menerbitkan sebuah novel berjudul KOMSI KOMSA karya E. S. Ito. KOMSI KOMSA merupakan karya fiksi sejarah yang bercerita tentang seorang pemuda Indonesia yang bertualangan ke berbagai negara di dunia, menjadi seorang penyelundup dan terlibat dalam berbagai konflik sejarah yang ada di dunia internasional.

Novel BUYA HAMKA dan KOMSI KOMSA bisa dipesan melalui 30 toko buku online pada periode pre order tanggal 8 – 20 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya