Film Hamka dan Siti Raham (Vol 2) Hadirkan Perjuangan Buya Hamka Selesaikan Tafsir Al-Azhar

Film Buya Hamka
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Sekuel dari film Buya Hamka yakni Hamka & Siti Raham (Vol 2) akan segera tayang di bioskop Tanah Air pada tanggal 21 Desember 2023. Film yang dirpoduksi oleh Falcon Pictures dan Starvision tersebut disutradarai oleh Fajar Bustomi.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Film Hamka & Siti Raham (Vol 2) masih menampilkan Vino G Bastian yang berperan sebagai Buya Hamka dan Laudya Chintya Bella yang berperan sebagai Siti Raham. Selain itu, ada juga Anjasmara yang berperan sebagai Soekarno, dan yang lainnya.

Film Buya Hamka.

Photo :
  • Istimewa
Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Berdasarkan informasi dari keterangan tertulis, dalam film Hamka & Siti Raham (Vol 2), diceritakan tentang bagaimana proses Hamka menyelesaikan kitab tafsir Al-Azhar, ketika berada di dalam tahanan. Saat dinyatakan bebas, Hamka disambut Siti Raham beserta anak-anaknya. Mereka dengan sukacita memberikan hadiah berupa kitab tafsir Al-Azhar yang sudah dijilid.

Sebagai informasi dari keterangan tertulis, Tafsir Al-Azhar sendiri berasal dari ceramah atau kuliah subuh yang disampaikan Hamka di Masjid Agung Al-Azhar sejak tahun 1959, namun sampai akhir tahun 1964 belum juga selesai. Saat Buya Hamka ditahan, justru membawa hikmah tersendiri dan memberi kesempatan yang besar bagi Hamka untuk merampungkan penulisan tafsir Al-Azhar.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"Allah SWT, selalu memberikan hikmah dalam setiap yang dialami oleh umatnya. Mungkin, kalau Buya Hamka tidak dipenjara, dia belum tentu bisa menyelesaikan tafsir Al-Azhar. Apalagi, waktu itu beliau sangat sibuk dengan dakwahnya. Bahkan, dalam film ini, Siti Raham juga selalu mengingatkan Buya untuk menyelesaikan tafsir Al-Azhar," kata Fajar Bustomi dikutip VIVA.

Selain itu, film Hamka & Siti Raham juga mengungkap bagaimana hubungan persahabatan antara Buya Hamka dengan Soekarno. 

"Film ini tidak mendiskreditkan siapapun. Bahkan Hamka tetap memenuhi wasiat Presiden Soekarno untuk menjadi imam sholat jenazah saat Presiden Soekarno meninggal. Itu membuktikan bahwa Buya Hamka menganggap Soekarno sebagai sahabatnya dan orang yang hebat," kata Fajar Bustomi.

Film Hamka & Siti Raham (Vol 2) akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 21 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya