Review Film Nitram, Menguak Kisah Kelam Pembantaian

Film Nitram
Sumber :
  • IG @kolarac_art_bioskop

VIVA – Kisah pembantaian di Porth Arthur, Australia pada 28 dan 29 April 1996, membuat geger dunia. Penembakan masal yang dilakukan oleh Martin Bryan ini menewaskan 35 orang dan melukai puluhan orang lainnya. Akibat perbuatan yang dilakukannya, Martin dijatuhi hukuman seumur hidup, tanpa peluang pembebasan.

Review Film Hamka dan Siti Raham (Vol 2), Inspiratif dan Romantis

Kisah kelam ini diangkat ke layar lebar oleh sineas Justin Kurzel, dengan judul Nitram. Nitram sendiri, jika dibaca dari akhir keawal, menjadi Martin. Caleb Landry Jones didapuk sebagai pemeran utama. 

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VIVA, berikut review dari film Nitram.

Review Film Tiger 3: Aksi Laga Memukau, Pertaruhan Reputasi Salman Khan

Kenakalan tokoh Nitram, memang sudah terjadi sejak kecil. Ia pernah dilarikan ke rumah sakit akibat insiden petasan yang membahayakan banyak nyawa.

Namun, bukannya jera, lewat rekaman video, ia justru mengaku akan tetap bermain petasan. Kebiasan ini terbawa hingga Nitram (Caleb Landry Joneas) dewasa.

Review Film The Exorcist: Believer, Horor Mencekam Berbalut Drama Keluarga

Saat jam makan siang, ia mengajak anak-anak sekolah main petasan hingga membuat seorang guru kesal. Ayah Nitram (Anthony LaPaglia) minta maaf. Bukannya menyadari kesalahan, Nitram justru ngamuk. Ia menendang mobil ayahnya dan menyalakan klakson sekencang-kencangnya.

Setalah dewasa, Nitram membuka usaha pemotongan rumput. Suatu hari, Helen (Essie Davis) mengizinkan Nitram memotong rumput dan memberinya kepercayaan memelihara sejumlah anjing. Keduanya jatuh cinta. Helen membelikan Nitram mobil Volvo dan mengajaknya ke Hollywood lewat jalur darat.

Lagi-lagi apa yang dilakukan Nitram memakan korban. Dalam perjalanan, Nitram mengganggu Helen yang sedang menyetir, hingga membuat mobil terpelanting. Ibunda Nitram (Judy Davis) sampai tak habis pikir. Masalah mencapai klimaks ketika Nitram nekat membeli sejumlah senjata dengan uang Helen.

Yang patut disadari, film ini tentang orang dengan gangguan mental. Intinya, Nitram adalah gambaran orang-orang bermasalah yang tak tahu harus berbuat apa lalu mencari solusi. Dari menit awal, Nitram tampak Depresif..

Cerita yang terjadi di sepanjang film yakni kegagalan anak mengenal diri sendiri, ketidakberdayaan ayah memimpin keluarga, dan keputusasaan ibu mendidik satu-satunya buah hati. 

Caleb Landry Jones mampu memerankannya tokoh Nitram dengan apik. Rambut acak-acakan, gondrong, dengan visual yang mencerminkan betapa baunya orang ini.

Caleb juga dengan jeli mempresentasikan bahwa kelabilan itu dipicu kegagalan mengenali diri sendiri. Ia berkaca dan gagal paham wajah siapa yang tampak di cermin. Karena hal itulah, dirasa wajar jika Caleb diganjar Best Actor di Festival Film Cannes.

Penasaran dengan cerita lengkapnya? Film Nitram sudah dapat disaksikan secara legal di KlikFilm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya