Main Film Kambodja, Adipati Dolken Cerita Balik ke Tahun 50-an

Adipati Dolken dan Della Dartyan dalam film Kambodja Logo ads
Adipati Dolken dan Della Dartyan dalam film Kambodja
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Aktor Adipati Dolken, kembali menampilkan kemampuan aktingnya dalam sebuah film terbaru berjudul Kambodja. Dalam film yang disutradarai oleh Rako Prijanto tersebut, Adipati beradu akting dengan Della Dartyan, Revaldo, dan Carmela van der Kruk.

Film Kambodja bercerita tentang Danti dan suaminya, Sena mendatangi sebuah rumah kos milik Cik Mei. Danti bekerja di perpustakaan, sedangkan Sena aktif di sebuah partai. Rumah kosan itu hanya punya tiga kamar. 

Kamar pertama dihuni Bayu, seorang penulis lepas kolom opini dan cerita pendek di surat kabar. Sedangkan istrinya, Lastri adalah seorang biduan. Kamar kedua nantinya akan dipakai Danti dan Sena. Sedangkan kamar ketiga, lebih sering kosong, padahal disewa seseorang bernama Erwan. 

Kehidupan kosan berasa sunyi, saat Sena pergi ke luar kota untuk urusan partai. Sedangkan Lastri juga keliling kota untuk bernyanyi di acara kampanye suatu partai. Maklum saat itu bulan-bulan menuju pemilu tahun 1955.

Danti dan Bayu nyaris tidak pernah bercakap. Setiap kali berpapasan di selasar atau ruang makan, keduanya hanya tersenyum sambil menganggukkan kepala. Seakan itu batasan mereka berdua. Suatu malam, Bayu yang kegerahan membawa mesin tiknya ke ruang tamu. 

Ternyata di situ duduk Danti tengah mengipas-ngipas kegerahan. Bayu minta maaf dan mau beranjak ke tempat lain. Tapi Danti mencegah, karena udara memang amat panas. Ruang tamu adalah ruangan yang sirkulasinya paling baik, udara mengalir deras. Bayu tersenyum kaku dan mulai mengetik. Ia tak sadar, saat diam-diam Danti beringsut pergi. 

Sebagai informasi, film Kambodja berlatar waktu tahun 1955, genap 10 tahun Indonesia merdeka. Pada saat melakukan sesi wawancara secara ekslusif bersama VIVA, Adipati yang berperan sebagai Bayu, bercerita bahwa dirinya sangat dibantu oleh tim untuk berperan sebagai seorang pria yang hidup pada tahun 50an.