Gak Balik Modal, The Flash Cuma Raup Rp800 Milyar di Box Office Global

Film The Flash
Sumber :
  • Instagram

AMERIKA SERIKAT – "The Flash", sebuah petualangan pahlawan super yang dibintangi Ezra Miller, gagal meraup cuan dari rilis premiernya. Debutnya pada 16 Juni 2023 hanya meraih sebesar Rp824 miliar yang jauh dari balik 'modal' dengan biaya produksi yang mencapai nyaris Rp4,5 trilliun.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

The Flash dan Elemental, dua film yang baru saja dirilis gagal menjadi box office global. Dua rilis baru akhir pekan ini diperkirakan akan menjadi film meraih rekor box office di musim panas. Sebaliknya, kedua film ini sama sekali meleset dari sasaran.

The Flash

Photo :
  • bollywoodlife
Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"The Flash" hanya meraup USD55 juta atau setara Rp824 miliar dan "Elemental" hanya mengumpulkan USD29,5 juta atau setara Rp434 miliar di debut masing-masing. Kedua film tersebut jauh dari harapan. Lebih buruk lagi, mereka dibuat dengan upaya yang mahal, dengan biaya pembuatan USD200 juta dan kira-kira USD100 juta atau nyaris setara Rp4,5 triliun untuk dipasarkan.

Menjelang debut "The Flash", para eksekutif di Warner Bros. bekerja keras untuk meyakinkan publik bahwa film tersebut adalah salah satu film superhero terhebat yang pernah dibuat", menurut co-chief DC Studios James Gunn yang baru dicetak. 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Disutradarai oleh Andy Muschietti, ceritanya diambil saat Miller's Barry Allen alias The Flash melakukan perjalanan ke masa lalu untuk mencegah pembunuhan ibunya dan secara tidak sengaja membuka multiverse DC. Tapi CinemaScore hanya memberi nilai "B" saat pembukaan akhir pekan.

Ini menunjukkan bahwa penonton bioskop tidak sepenuhnya setuju dengan pujian mewah yang diberikan pada film oleh orang-orang yang membuatnya. Tanpa skor penonton yang positif atau promosi dari mulut ke mulut yang kuat, "The Flash" akan berjuang untuk bangkit dalam beberapa minggu mendatang, terutama saat musim panas memanas dengan perilisan "Indiana Jones and the Dial of Destiny" pada 30 Juni, "Mission : Mustahil – Dead Reckoning Part One” pada 12 Juli dan “Oppenheimer” karya Christopher Nolan pada 21 Juli.

“Ini adalah pembukaan tiga hari yang lemah untuk [film] pahlawan super,” kata David A. Gross, yang menjalankan perusahaan konsultan film Riset Hiburan Waralaba, dikutip laman Variety.

“Ada pembukaan serupa yang berkembang menjadi jumlah besar,” tambahnya.

Film The Flash

Photo :
  • Instagram

Ini mengacu pada saat debut film superhero seperti “Ant-Man” tahun 2015, yang dibuka dengan USD57 juta dan berakhir dengan USD519 juta di seluruh dunia, serta “Aquaman” tahun 2018, yang memulai debutnya dengan USD67,4 juta dan selesai pada USD1,15 miliar secara global. 

"Tapi kita tidak melihatnya di sini (The Flash dan Element)," tambahnya.

"The Flash" juga tersandung di box office internasional dengan USD75 juta dari 78 pasar, menjadikan penghitungan globalnya menjadi USD139 juta. "The Flash" tampaknya akan jatuh lebih dekat dengan "Black Adam" yang dianggarkan USD200 juta oleh Dwayne Johnson, yang dibuka tahun lalu menjadi USD67 juta dan gagal mencapai USD400 juta secara global.

Analis percaya bahwa beberapa faktor memicu kegagalan tersebut. Salah satunya adalah reaksi penonton yang tidak antusias, yang menjadi penyebab lemahnya jumlah penonton awal film tersebut. 

Hambatan lain adalah bahwa "The Flash" mendarat di layar lebar tanpa dorongan promosi tradisional. Itu juga tak lain karena Miller telah menjadi sosok kontroversial dalam beberapa tahun terakhir karena masalah hukum dan tuduhan penyerangan. 

Sementara, "Elemental,” sebuah petualangan animasi tentang lawan yang menarik, menambahkan USD15 juta yang diredam di box office internasional dengan total global USD44,5 juta. Tidak seperti "The Flash", "Elemental" telah dirangkul oleh penontonnya, yang memberikan film tersebut nilai "A" di CinemaScore.

Jadi ada kemungkinan penjualan tiket bisa sedikit pulih dalam beberapa minggu ke depan, terutama karena tidak banyak persaingan dari film keluarga di global.

Tapi debut "Elemental" tidak terlalu manis, yang sejauh ini menjadi awal terburuk dalam sejarah modern untuk Pixar, peringkat di bawah beberapa upayanya yang lebih mudah dilupakan seperti "The Good Dinosaur" tahun 2015 ($39 juta) dan "Onward" tahun 2020 ($39 juta).

Kerajaan animasi di balik "Toy Story", "Up", dan "Ratatouille" ini nampaknya belum dapat pulih dari pandemi, ketika beberapa judulnya dikirim langsung ke Disney+ dan penonton keluarga mulai mencoba untuk menantikan film-film tersebut di rumah.

“'Elemental' tidak didasarkan pada esIP tablished,” catat Gross. “Dari judul animasi terbaru, ini jelas yang paling menantang untuk dibuka.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya