Diadaptasi dari Serial Prancis, Hubungi Agen Gue! Bongkar Intrik di Balik Layar Industri Hiburan

Hubungi Agen Gue
Sumber :
  • Instagram @disneyplushotstarid

VIVA ShowbizHubungi Agen Gue! menjadi salah satu serial Indonesia terbaru yang sedang jadi sorotan. Mengangkat kisah seputar orang-orang di balik layar industri hiburan, serial drama komedi tersebut tayang perdana pada 29 Juli 2023 dan saat ini telah memasuki episode kedua.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya

Menariknya, serial enam episode yang dibintangi oleh Lydia Kandou, Donny Damara, Hannah Al Rashid dan Yoga Pratama sebagai pemeran utama ini merupakan adaptasi dari serial TV terkenal Prancis yang berjudul Call My Agent!. Disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja dan diproduseri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza, Hubungi Agen Gue! tayang di Disney+ Hotstar.

Menurut sang produser, Mira Lesmana, ide serial ini pertama kali datang dari partnernya yakni perusahaan internasional AS bernama SK Global. Mereka ingin tahu apakah serial Prancis Call My Agent! bisa di-Indonesiakan. Saat itu, Mira sendiri mengaku melihat adanya perbedaan yang cukup besar. Di mana di Indonesia, orang yang meng-handle seorang artis biasa disebut manager, bukan agen seperti di luar negeri.

Biasanya Kalem, Ternyata Beby Tsabina Bisa Juga Jadi Anak Motor
3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!

Namun, ia melihat peluang serial ini dibuat menjadi sangat Indonesia.

"Karena cerita-cerita yang dimunculkan di sini itu kita mengalaminya sebenarnya. Bagaimana ada orang-orang yang bekerja di belakang bintang, dan kita banyak kasus ya. Kayak gitu-gitu kan ceritanya banyak sekali kan," ujar Mira saat ditemui VIVA di sela-sela acara Disney Content Showcase APAC 2022 di Marina Bay Sands, Singapura, beberapa waktu lalu.

"Kemudian juga bintang-bintang ini bisa dibayangkan mereka harus selalu tampil luar biasa tapi sebenarnya problem mereka sebagai manusia itu juga menarik. Bahkan kita di awal itu untuk bisa memilih temanya aja banyak banget, karena kemungkinannya cerita yang bisa kita bawa tentang bintang-bintangnya, tentang apa yang harus dihadapi para agen ini sangat banyak dan sangat Indonesia," lanjut Mira.

Saat ditanya apa alasan Mira yakin mengadaptasi Call My Agent!, ia mengatakan bahwa alasan utamanya adalah karena serial ini adalah gabungan antara drama dan komedi yang sangat menarik dan menghibur. Kemudian alasan kedua adalah isu yang relatable yang diangkat, di mana di setiap episodenya akan ada bintang yang muncul dan bintang ini memerankan diri mereka sendiri.

Seperti yang diketahui, episode pertama Hubungi Agen Gue! menampilkan Luna Maya sebagai artis dan mengangkat persoalan yang harus ia hadapi sebagai seorang bintang. Sementara di episode kedua, artis yang ditampilkan adalah Pandji Pragiwaksono dan Soleh Solihun.

Luna Maya, bintang tamu di serial Hubungi Agen Gue!

Photo :
  • Disney+ Hotstar

Menurut Mira, serial orginal-nya sempat kesulitan saat mencari bintang yang mau memerankan diri mereka sendiri di musim pertama penayangan. Namun, karena kesuksesan yang diraih serial tersebut, para bintang pun antre untuk turut membintangi musim keduanya.

Mira juga mengatakan bahwa menggarap serial Indonesia yang berkualitas baginya adalah sesuatu yang ingin ia lakukan sejak dulu. Namun, dulu ruang dan keleluasaan yang diberikan kepada filmmaker belum cukup besar seperti sekarang.

Mira Lesmana

Photo :
  • Disney+ Hotstar

Maraknya layanan Over-The-Top (OTT) seperti Disney+ Hotstar disebut Mira menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi banyak para filmmaker, untuk mengeksplor sesuatu dalam long form.

"Kalau kita ngomong cerita layar lebar kan cuma dua jam. Kalau kita bicara Hubungi Agen Gue! ini enam episode. Itu kan (durasinya) lima sampai enam jam ya. Jadi kita harus punya dan bisa membuat sebuah storytelling yang sifatnya, panjangnya ya selama itu," jelas Mira Lesmana.

"Ini bukan cuma sekadar episodik, satu-satu, tapi ada kelanjutannya. Dan kita diberikan ruang oleh OTT platform untuk melakukan ini, dan perkembangannya luar biasa ya. Kita bisa lihat lah dari apa yang sedang dibuat dan bagaimana semuanya excited untuk bisa memberikan series-series yang baik dari Indonesia," tutup Mira.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya