Sinopsis Film Mappacci dan Cerita Cahya Arynagara Lestarikan Adat Makassar

Cuplikan film Mappacci
Sumber :
  • YouTube

JAKARTA – Banyak kekayaan dan keanekaragaman budaya Indonesia yang bisa diangkat menjadi film layar lebar dan sekaligus memperkenalkan Indonesia pada dunia. Salah satunya, Mappacci, budaya dan adat khas provinsi Sulawesi Selatan yang diangkat menjadi film layar lebar.

Demi Dalami Peran, Shareefa Daanish Rela Dimake Up Selama Berjam-jam

Mappacci adalah nama sebuah adat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Upacara Mappacci atau Mappaccing berasal dari kata "Paccing" yang berarti bersih, yang bertujuan untuk membersihkan diri dari semua hal yang dapat menghambat pernikahan.

Cuplikan film Mappacci

Photo :
  • YouTube
Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Sineas Makassar membuktikan kembali eksistensinya dalam produksi film layar lebar. Sukses dengan Uang Panai dan Kaili The Movie, drama romansa ini tampil mengangkat budaya pengantin Bugis Makassar mappacci, yakni prosesi yang dilakukan calon mempelai di rumahnya masing-masing, untuk membersihkan diri dari segala hal menjelang upacara pernikahan keesokan harinya.

Film produksi 2020 ini sempat tertunda penayangannya akibat pandemi COVID-19. Mappacci: Malam Pacar yang oleh LSF diklasifikasikan untuk penonton usia 13 tahun ke atas, akhirnya mulai tayang di Bioskop Indonesia, Kamis, 24 Agustus 2023.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Film Malam Pacar, Mappacci

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Salah satu pemeran dalam film ini, Cahya Arynagara yang merupakan aktor kelahiran Makassar mengaku sangat antusias saat ditawari untuk berperan menjadi Iwan di film ini. Ia pun menceritakan sebelum membintangi peran di film ini, Cahya juga beberapakali memerankan karakter di sejumlah film lokal menceritakan kehidupan adat Makassar .

"Kebetulan sutradaranya Om Adi Burhamzah, kami pernah terlibat projek bareng sebelumnya jadi kedekatan emosionalnya udah dapat, sempat dikirimin dulu sinopsisnya setelah saya lihat keren menarik saya terima aja," katanya saat ditemui di Djakarta Theater, Kamis, 24 Agustus 2023.

Cahya Arynagara

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Bagi Cahya, ada banyak hal unik dan menarik untuk diketahui terkait film Mappacci yang diperankannya bersama Andi Batari Bintang (Tenri). "Kebetulan saya asal Bugis, Makassar, adatnya banyak dan film ini mengangkat tema adat Bugis. Menarik si karena jarang banget sineas film yang mengangkat budaya-budaya adat," katanya.

Cahya pun mengatakan, semua kebudayaan di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, sehingga ia yakin film Mappacci ini juga bisa menarik perhatian para penonton.

"Di film Mappacci semua (adat Makassar) diperlihatkan. Mulai dari adat pernikahannya seperti apa, makanan makanannya seperti apa, baju adatnya seperti apa," ujarnya lagi.

Cahya yakin, film yang menggambarkan budaya dan adat istiadat Indonesia bukan hanya menjadi daya tarik tersendiri, tetapi bisa juga dijadikan salah satu cara untuk melestarikan budaya dan adat Indonesia. "Karena kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan budaya kita ini," ujar aktor yang pernah berperan dalam film lokal Makassar, Uang Panai ini.

Film ini pun rupanya juga menarik perhatian Yayasan Rombsis Indonesia yang sengaja ikut hadir dalam pemutaran film ini. "Kami sengaja ikut nimbrung dalam kegiatan ini untuk mempromosikan Sulawesi Selatan punya kekayaan budaya. Sambil kita mempromosikan, Mapacci, Sulawesi Selatan punya tradisi Mapacci malam pacar yang beda dengan budaya-budaya yang ada. Jadi ini juga bisa jadi salah satu cara mempererat NKRI," kata Ketua Umum Yayasan Rombsis Indonesia, Andi Idhanursanty ditemui di tempat yang sama.

Sinopsis

Cuplikan film Mappacci

Photo :
  • YouTube

Kebahagiaan Tenri (Andi Batari Bintang) dalam menyambut hari pernikahannya, berubah menjadi duka saat kekasihnya, Iwan (Cahya Nagara), tidak muncul pada malam pacar, mappacci.

Iwan, dokter yang bertugas di pedalaman Papua, dikabarkan hilang saat kapal yang ditumpanginya tenggelam. Seiring waktu, Tenri harus menyudahi kesedihannya dan mencoba menerima kehadiran Erwin (Cipta Perdana), sahabat Iwan.

Keseriusan Erwin dengan Tenri dibuktikannya dengan melamar Tenri. Saat malam mappacci tiba, kabar mengejutkan datang: Dokter Iwan ternyata telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya