Aktor Ini Bakal Berperan Jadi Glenn Fredly, Direkomendasiin Langsung oleh Keluarga

Glenn Fredly
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Rumah produksi DAMN! I Love Indonesia dan Adhya Pictures mengumumkan produksi terbaru film biopik berjudul Glenn Fredly The Movie, yang disutradarai oleh Lukman Sardi. Film Glenn Fredly The Movie akan mengangkat kisah perjalanan hidup musisi legendaris yang banyak berjasa bagi dunia musik Indonesia, Glenn Fredly. Film ini akan memulai proses syuting yang bertepatan dengan momentum hari lahir dari mendiang Bung Glenn. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Film ini diproduseri oleh produser peraih nominasi fim terbaik FFI 2020 Daniel Mananta dan peraih nominasi film terbaik FFI 2017 Robert Ronny. Scroll untuk info lengkapnya.

Daniel Mananta menjelaskan alasannya mengangkat kisah hidup Glenn Fredly dalam film ini adalah bermula dari momen spiritual yang ia alami pada Januari 2022.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

"Sebenarnya ini berhubungan dengan spiritual moment yang saya lalui. Pada saat itu, Januari 2022, saya tidak bisa tidur dan lagu Glenn Fredly yang berjudul Januari itu menggantung di kepala saya. Kemudian ketika berdoa dengan Tuhan, bertanya maksudnya apa, kenapa lagu Glenn menggantung terus di kepala saya. Ketika itu saya mendapat jawaban dari Tuhan, untuk membuat film tentang Glenn," cerita Daniel Mananta, dalam Press Junkett film Glenn Fredly The Movie, di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu 20 September 2023.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Salah satu yang juga membuat Daniel kagum dengan sook Glenn adalah kebesaran hatinya terhadap Indonesia. Baginya, Glenn adalah sosok aktivis yang selalu menyuarakan sikapnya lewat musik.

Aktor pemenang Piala Citra FFI 2022 untuk kategori pemeran utama pria terbaik, Marthino Lio dipercaya untuk berperan sebagai Glenn Fredly. Sementara aktor peraih nominasi pemeran utama pria terbaik FFI 2005 Bucek Depp akan menjadi lawan Marthino Lio, sebagai ayah Glenn Fredly. 

"Semua orang tahu lagunya, dia (Glenn Fredly) adalah ikon pop dan pasti bakalan ke depannya banyak yang tahu dia dan itu lumayan jadi tekanan. Awalnya aku rasa ngga siap buat tanggung jawab itu," kata Marthino Lio.

Namun setelah menjalani workshop dengan para pemain dan bertemu dengan kru film, Marthino Lio menyadari film ini bagaikan takdir untuknya. Marthino Lio ternyata dipilih oleh keluarga Glenn Fredly untuk berperan sebagai mendiang.

"Apa yang terjadi, terjadilah. Skenarionya sudah memanggil-manggil. Terus pas workshop satu per satu mulai kebuka. Ternyata gue ini rekomendasi dari keluarganya," kata Marthino Lio.

"Jadi jalan yang harusnya berat ternyata ringan gitu dan kayaknya ini berkat dari Tuhan," tambahnya.

Daniel Mananta yang pertama kali memiliki ide untuk membuat film ini pun sempat kebingungan mencari aktor siapa yang pantas memerankan karakter Glenn Fredly. Ia mencari rekomendasi di internet hingga terpikirkan untuk membuat sayembara.

Kemudian suatu hari istri Glenn Fredly memberikan rekomendasi soal Marthino Lio untuk berperan sebagai mendiang suaminya. Daniel Mananta pun tak perlu waktu lama untuk membuat pertimbangan itu, mengingat rekam jejak Marthino Lio yang bagus sebagai aktor.

"Sudah pasti dari segi akting udah terjamin. Saya lihat performance Lio di beberapa film sebelumnya, dia bisa ngga transformasi jadi Glenn. Tapi saya ngga bisa kasih lampu hijau kalau sutradara ngga setuju," ujar Daniel.

Di samping itu, Mutia Ayu mengungkapkan bahwa Marthino Lio adalah aktor pertama yang dikenalkan oleh Glenn Fredly kepadanya. Mereka bertemu secara tidak sengaja di sebuah mal.

"Sebenarnya jauh dari sebelum film ini direncanakan aku sudah ketemu sama Lio, dikenalin sama Glenn, aktor yang pertama kali dikenalin sama Glenn. Makanya aku ingat dia dan ketika ini mau dibuat film aku juga research," kata Mutia Ayu.

Tidak hanya melihat bagaimana perjalanan Marthino Lio sebagai aktor, Mutia Ayu juga melihat fisik sang aktor terutama bagian perut yang mirip dengan mendiang suaminya.

"Pastinya pertama dari fisik, kira-kira yang perut, kumis, jenggotnya sama. Dan ternyata, ya udah aku ngerasa beliau yang pantas untuk film ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya