Review Saw X, Jigsaw Buktikan Tak akan ‘Mati dengan mudah’

Saw X
Sumber :
  • Saw X Movie

Jakarta – Aksi Tobin Bell sebagai Jigsaw bisa disaksikan kembali di layar lebar dalam waktu dekat. Film terbarunya, Saw X, dipastikan tayang di bioskop Indonesia pada 11 Oktober 2023. Jaringan bioskop Cinema XXI, mengonfirmasi penayangan Saw X dan berikut Reviewnya:

Pangeran William Bagikan Kabar Terbaru Kate Middleton dan Anak-Anaknya

Seri kesepuluh dari film "Saw" sang Pembunuh Jigsaw kembali untuk membuktikan bahwa ia tidak akan "mati dengan mudah". Sekuel dari "Saw" (2004) dan prekuel dari "Saw II" (2005) film ini untuk mencoba memperbaiki kesalahan dalam membunuh tokoh protagonis kesayangannya, John Kramer (Tobin Bell), dengan memberikannya karakter yang lebih multidimensi yang layak ia dapatkan.

Saw X

Photo :
  • Saw X Movie
Peduli Anak Kanker, Para Pelajar SMA Gelar Patterns of Hope

"Saw X" dibuka dengan Kramer yang sedih dan berduka, yang melakukan segala cara untuk mengalahkan kankernya dan memberi dirinya lebih banyak waktu untuk hidup normal.

Dia memohon kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang memungkinkan dan bersumpah bahwa dia akan melakukan apa saja untuk mendapatkan lebih banyak waktu, namun tidak berhasil.

Tiket Konser Sheila on 7 di Bandung Ludes dalam 7 Menit

Namun, perasaan tak berdaya itu tidak berlangsung lama karena Kramer - si Pembunuh Jigsaw - segera menemukan korban pertamanya dalam film ini: seorang penjaga rumah sakit yang mencuri barang-barang berharga dari orang sakit dan orang tua.

Segera setelah diperkenalkan dengan karakternya, pemirsa melihatnya terhubung ke salah satu "permainan" Jigsaw Killer yang terkenal. Untuk memastikan bahwa dia tidak akan pernah mencuri lagi, alat khusus ini memaksanya untuk mematahkan setiap jari-jarinya sendiri atau menderita akibat yang fatal.

Saw X

Photo :
  • Saw X Movie

Dari adegan ini, penonton dengan cepat mengetahui bahwa film ini mereplikasi banyak elemen yang menjadi ciri khas film "Saw" yang telah dikenal dan dicintai oleh para penggemarnya, termasuk jebakan maut ala Rube Goldberg, gaya penyuntingan yang cepat, serta gerakan kamera yang cepat juga.

Namun, segera setelah adegan ini berakhir, penonton dengan cepat dikembalikan ke realitas Kramer yang tampaknya tidak ada harapan. Dia tanpa henti mencari peluang untuk pengobatan kankernya ke mana pun dia pergi, mengunjungi berbagai dokter dan kelompok pendukung sebelum menemukan apa yang tampaknya menjadi tiket emasnya.

Melalui perjalanan ini, penonton akan melihat sisi lain dari kehidupan Kramer yang kurang diagungkan sebagai Pembunuh Jigsaw sambil melihat contoh-contoh kemanusiaannya sebagai seorang individu.

Bagian film ini terasa sangat berbeda dari film-film "Saw" sebelumnya. Film ini memiliki gradasi warna yang hangat dengan kecerahan tertentu yang mengungkapkan keindahan dalam kehidupan sehari-hari Kramer.

Butiran dan grunge khas film ini ditinggalkan demi kebersihan profesional yang membuat orang lupa bahwa mereka bahkan menonton film horor. Hal ini juga berlaku pada musiknya, yang terasa aneh dan fantastis.

Dengan menciptakan pergeseran narasi visual yang jelas, film ini mengembangkan kedalaman yang mencoba meyakinkan penonton bahwa Kramer bukanlah penjahat sepenuhnya, dan bahwa masih ada sisi kemanusiaan yang tersisa di dalam dirinya terlepas dari aksi-aksinya yang menghebohkan.

Saw X

Photo :
  • Saw X Movie

Pada akhirnya, sebagai penonton, kita mulai merasakan harapan yang sama seperti yang dirasakan oleh Kramer, yang akhirnya melihat sesuatu selain kegelapan.

Namun, pada akhirnya, Kramer mengetahui bahwa ia telah ditipu oleh para dokter palsu dan ditipu. Kankernya tidak lebih dekat untuk disembuhkan, dan ini sangat menyakitkan baginya.

Dari sini, nada cerah dan penuh harapan dari film ini berganti menjadi grunge yang akrab dengan serial ini, dan festival gore khas Jigsaw Killer pun dimulai saat ia melakukan apa pun untuk membalas dendam kepada orang-orang yang mengambil keuntungan dari orang sakit dan orang tua, seperti dirinya sendiri.

Secara keseluruhan, film ini membedakan dirinya dari banyak film lain dalam waralaba "Saw" dengan membangun kemiripan dengan saw pertama dalam seri ini.

Film ini menekankan tingkat keintiman dengan masing-masing karakter dan secara mendalam mengeksplorasi setiap hubungan yang dimiliki oleh para karakter dalam film ini di antara mereka.

Kecepatannya diperlambat, dan para korban menjalani jebakan kematian mereka satu per satu, membuat tantangannya secara signifikan lebih pribadi, sebuah langkah yang sekali lagi sejajar dengan nuansa film pertama dari seri ini.

Para kreator di balik film ini pada akhirnya membuktikan bahwa mereka tidak takut untuk mencoba hal-hal baru, mengeksplorasi nuansa yang belum pernah ada di franchise "Saw" dalam seri terbaru ini.

Setelah sepuluh film, mudah untuk bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada "Saw". Namun, dalam sebuah wawancara dengan Screen Rant, sutradara Kevin Greutert mengatakan bahwa "tidak ada arah yang jelas untuk masa depan "Saw"."

Terlepas dari kenyataan bahwa sulit untuk melepaskan serial yang telah dikenal dan dicintai penonton selama dua dekade, "Saw X" membuat segalanya menjadi lebih mudah dengan memberikan akhir yang memuaskan dengan satu permainan terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya