Sulit Ngomong Sunda Buat Film Gampang Cuan, Vino G Bastian Nyontek Cara Ngomong ART di Rumah

Vino G Bastian Sambangi VIVA.co.id, Promo Miracle In Cell No 7
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

JAKARTA – Vino G. Bastian kembali ke layar lebar lewat film terbaru berjudul Gampang Cuan. Di film bergenre drama komedi ini, Vino G. Bastian berperan sebagai Sultan yang merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Ia sekaligus menjadi kepala keluarga yang harus mengurus kedua adiknya dan seorang ibu.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Sultan merantau ke Kota Jakarta, namun kehidupan aslinya tak seperti yang dibayangkan oleh orang-orang di kampung halaman. Diceritakan bahwa Sultan berasal dari Jawa Barat, sehingga ia berbicara dengan bahasa Sunda sehari-hari. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Vino G. Bastian yang bukan berasal dari suku Sunda. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Diakui olehnya bahwa ada beberapa kesulitan untuk berdialog dengan bahasa Sunda karena harus mengingat kosa kata dan meniru dialeknya. Beruntung, Vino punya sosok yang bisa ia tiru saat berbicara bahasa Sunda yakni salah seorang pekerja di rumahnya.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

"Kebetulan di rumah saya ada yang kerja asal Sunda, ngomongnya kayak si Sultan. Jadi setiap hari dengerin dia ngomong buat referensi karakter,” kata Vino G. Bastian, ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 8 November 2023.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Film Gampang Cuan memang mengangkat budaya suku Sunda, dengan menerapkan bahasanya di percakapan sehari-hari para karakternya. Tim prduksi sudah mengadakan latihan khusus untuk para pemain supaya dialog bahasa Sunda mereka bisa terdengar dengan natural.

Banyak juga kru dan tim produksi yang berasal dari suku Sunda sehingga mereka saling mengoreksi ketika ada dialek atau nada bicara yang dirasa kurang pas seperti orang Sunda aslinya.

“Jadi memang kita juga beruntung. Waktu kita syuting banyak banget krunya berasal dari Jawa Barat walaupun ngga berasal dari Bandung ya, ada yang dari Tasik, Garut," jelas Vino G. Bastian.

"Gampang Cuan" adalah sebuah film drama komedi karya penulis dan sutradara Rahabi Mandra tinggal menghitung hari tayang di bioskop.

Film produksi Temata Studios, Adhya Pictures, dan Legacy Pictures ini mengambil sudut pandang perantau yang secara demografis asalnya tidak jauh dari ibu kota. Film ini menyoroti betapa besarnya ekspektasi masyarakat daerah terhadap kemudahan hidup di Jakarta, padahal nyatanya banyak rintangannya.

Menurut sutradara Rahabi Mandra, ada tiga alasan mengapa film ini sangat layak ditonton.

"Pertama, ide ceritanya dekat dengan semua orang, yaitu jungkir balik cari cuan secepatnya untuk kedaruratan keluarga. Kedua, film ini menghibur, seru, dan di saat yang sama memberikan insight keuangan yang mencerahkan,” ujarnya.

“Ketiga, formula ensemble cast yang unik dan out of the box. Anya Geraldine yang menunjukkan kemampuan olah perannya di luar persona yang biasa dimainkan. Vino G. Bastian, aktor jenius yang kali ini menampilkan kualitas komedi yang luar biasa, dan Meriam Bellina yang biasa dikenal antagonis, kali ini akan membuat penonton terkejut dengan sisi dramatisnya," sambung dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya