Sukses Jaring 265 Film, ILUNI UI Gelar Grand Closing IMAC 2024

Gelaran ILUNI UI Movie Award Competition 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

DEPOK – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menggelar ILUNI UI Movie Award Competition (IMAC) 2024. Ajang ini diikuti ratusan peserta dengan jumlah film yang masuk pendaftaran sebanyak 265 karya dari tiga kategori. Yaitu kategori pelajar, mahasiswa dan umum, serta dokumenter.

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas keberhasilan penyelenggaraan IMAC 2024. Festival film ini diinisiasi oleh Creative Industry Hub Center dan yang pertama dilaksanakan oleh ILUNI UI.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar, tentunya berkat dukungan para partner dari berbagai instansi seperti Kemenparekraf, Kemendikbudristek, Produksi Film Negara, Disdik Provinsi Jakarta, Disbudpar Provinsi Jakarta, Disdik Jabar, Disdik Bandung, UPI Bandung, dan UMPRI Lampung. Tentunya juga berkat dukungan sponsor dan media partner,” katanya, Selasa 12 Maret 2024.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Didit berharap IMAC 2024 akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berasa dampaknya bagi industri perfilman. IMAC 2024 diikuti oleh kalangan pelajar SMA dan SMK dari berbagai daerah di Indonesia, juga mahasiswa dan umum.

“Kami harap, festival ini terus berlanjut sehingga menjadi pemantik talenta-talenta muda yang akan membawa kemajuan bagi perfilman Indonesia,” ujarnya.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Sekretaris Jenderal ILUNI UI Ahmad Fitrianto menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam IMAC 2024. Dia bersyukur karena dari sebuah gagasan mimpi menjadi sebuah implementasi dan indahnya narasi kata-kata menjadi aksi nyata.

“Tidak terbayang kita memulai gagasan dari sebuah cita-cita menjadi sebuah realita yang luar biasa. 265 peserta film yang dikirim itu sebuah prestasi luar biasa. Saya ucapkan juga selamat untuk semua peserta,” kata Ahmad.

Ketua Pelaksana IMAC 2024 Sri Bandoro Siswayudha memaparkan IMAC 2024 telah melalui rangkaian yang panjang hingga menuju acara grand closing. Pendaftaran dibuka sejak 19 Desember 2023 hingga 22 Februari 2024.

“Kami melakukan berbagai upaya untuk menjaring peserta, salah satunya melalui penyelenggaraan workshop di Jakarta, Bandung, dan Lampung, serta kegiatan seperti nonton bareng yang berkolaborasi dengan PFN,” kata Bandoro.

Sementara itu, perwakilan juri akhir dan produser film Budi Pekerti Anandia Nurita menyampaikan apresiasinya dan ucapan selamat kepada para peserta, CIHUI, serta seluruh pihak yang terlibat dalam IMAC 2024. Dia tidak menyangka peminat festival ini sangat tinggi.

“Ini diluar dugaan karena waktu yang kita punya untuk kurasi dan penjurian itu waktunya tidak terlalu panjang. Jadi sebenarnya kita jadi excited karena banyak yang antusias untuk terlibat dalam kompetisi ini,” katanya

IMAC 2024 merupakan festival film pendek perdana yang diselenggarkaan oleh CIHUI sebagai bentuk kontribusi bagi industri perfilman Indonesia. IMAC 2024 mengangkat tema “Harmoni dalam Kebhinekaan” yang membawa pesan persatuan dalam bingkai kebudayaan melalui medium film. Pendaftaran IMAC 2024 dimulai sejak 19 Desember 2023 – 22 Februari 2024.

Festival film pendek ini terbagi ke dalam tiga kategori, yakni film pendek untuk peserta pelajar, film pendek untuk kategori umum, dan dokumenter.

Selama pendaftaran dibuka, IMAC 2024 telah menerima submission sebanyak 265 film pendek dan dokumenter, dengan subtema lingkungan hidup dan sosial budaya. Penjurian dilakukan oleh para profesional di bidang perfilman.

Antara lain Jajang C. Noer, Anandia Nurita, Jay Subiakto, Daniel H. Jacob, Rangga Wisesa, Kinanti Larasati, Mandy Marahimin, Sutjitati Eka Tjandrasari. Setelah melalui tahap penjurian terpilih lima pemenang dari kategori pelajar, lima pemenang kategori mahasiswa dan umum, serta dua pemenang kategori dokumenter yang diumumkan pada Awarding Night IMAC 2024.

Acara Grand Closing IMAC 2024 turut menghadirkan berbagai kegiatan seperti pemutaran film selection IMAC 2024 yakni Bhinneka Tunggal Persija, Ludruk Dahulu Kini dan Nanti, Indosinestesia, dan In the Never Ending Whirl of a Reel. Selain itu, pada sesi talkshow hadir Head of Content Bioskop Online M. Ivan Makhsara yang membahas seputar pemasaran dan pendistribusian film.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya