Berkat Semur Dilantunkan Zikir, Iis Sugianto Bangkit Lawan COVID-19

Iis Sugianto
Sumber :
  • Instagram/iis.sugianto_

VIVA – Iis Sugianto mengaku menderita COVID-19. Iis sempat menjalani perawatan panjang untuk menyembuhkan sakitnya. Melalui video di YouTube channelnya, Iis Sugianto pun becerita bagaimana perjuangannya selama menjalani perawatan COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Salah satu hal terberat yang harus dijalaninya selama proses pengobatan COVID-19 adalah hilangnya indera perasa. Hal ini membuat Iis Sugianto tidak bisa merasakan rasa pada masakan. 

"Rasa sangat menyiksa sampai saya bagaimana melawan rasa bisa makan," kata Iis dalam YouTube channelnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Ade Firman Berpulang, Iis Sugianto-Andrea Dian Bagi Tips Lawan Corona

Dia menceritakan seluruh keluarganya memberikan dukungan kepada Iis agar bisa makan. Sebab, makanan membantu untuk membentuk sistem imunitas yang dapat melawan virus corona. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Keluarga pesan harus bisa makan, harus melawan imunitas, harus bisa dilawan dengan kekuatan dari makanam. Padahal semua makanan rasanya tidak bisa masuk," jelas dia.

Iis kemudian mencari sejumlah makanan yang menurutnya enak, lalu meminta keluarga untuk bisa dikonsumsinya di rumah sakit. Namun sayang, sejumlah makanan itu tidak bisa masuk ke mulutnya. Iis bahkan mengaku sering mual ketika makan.

"Jadi dalam pikiran saya 'Oke saya urutin makanan yang pernah saya rasa enak', dari Pondok Indah, Mahakam, semua sampai bingung makanan apa yang saya suka, semua gak enak, gak ada yang bisa masuk. Saya takut sekali muntah karena begitu muntah urat-urat rasanya sakit, saya gak mau karena belum apa-apa aja muntah," jelas Iis. 

Hingga satu waktu, ia meminta sang adik untuk mengirimkannya masakan kesukaannya yakni semur daging. Ketika dikirimkan, semur tersebut dapat dinikmatinya. 

"Hari keempat saya berdoa makan apa lagi, saya inget coba lah saya semur daging saya telepon adik saya Nani. Dateng dong makanan, begitu dibuka mau huek saya aduh bismillah, pas tuang aduh ada rasanya, enaknya bisa makan saya separuh itu nasi aduh saya sujud syukur," kata Iis Sugianto menjelaskan.

Usut punya usut, ketika Iis menelepon sang adik dan menceritakan kejadian tersebut. Ternyata ketika adiknya memasak semur daging itu, dia memasaknya sambil melantunkan zikir.

"Saya telepon adik saya bisa makan, makasih, dia bilang tau gak mba saya bikinnya zikir katanya, aduh saya nangis sujud syukur ya Allah," kata Iis sambil menangis. 

Iis pun sampai menyimpan semur itu selama tiga hari untuk dikonsumsinya.

"Semur itu saya simpen tiga hari di kulkas, saya simpen saya angetin, saya bilang enak banget itu yang bikin saya bisa makan pertama kali, semur dan sayur bening buatan adik saya," kata Iis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya