Imbas Isu Pelecehan Seksual, Nama Penulis Penyalin Cahaya Dihapus

Penyalin Cahaya.
Sumber :
  • Instagram @penyalincahaya

VIVA – Film Penyalin Cahaya dijadwalkan akan tayang di Netflix pada Kamis, 13 Januari 2021. Sebelum resmi tayang, film ini tengah menjadi perbincangan hangat sejak awal pekan ini karena penulis skenario film tersebut yang diduga seorang pelaku pelecehan seksual.

Tayang di Hari Kelima, Ini Jumlah Penonton Film Horor Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur

Menanggapi kabar tersebut, pihak rumah produksi Penyalin Cahaya, Rekana Studio dan Studio Film Kaninga Pictures, serta sutradara film, Wregas Bhanuteja, mengeluarkan pernyataan resmi mereka. Dalam pernyataannya, mereka memutuskan untuk menghapus nama kru tersebut dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi-materi publikasi film.

"Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio," tulis Rekata Studio dan Kaninga Pictures di akun Instagram mereka pada Senin, 10 Januari 2022.

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994

Penyalin Cahaya.

Photo :
  • IMDb

Usai pernyataan itu dipublikasi, publik pun mencari tahu siapa kru yang dimaksud. Dari hasil penelusuran mengenai daftar kru film Penyalin Cahaya yang tercantum, sosok berinisial HP telah hilang dari daftar kru.

Rahasia di Balik Larisnya Film Horor Indonesia, Prilly Latuconsina Bongkar!

Nama HP sebelumnya dicantumkan sebagai sebagai co-writer, bersama dengan Wregas Bhanuteja. Saat ini, hanya nama Wregas saja yang tercantum sebagai penulis skenario Penyalin Cahaya.

Dalam Festival Film Indonesia yang digelar pada 2021 lalu, Henricus Pria mendapat Piala Citra bersama dengan Wregas Bhanuteja. Saat itu, dialah yang maju ke podium dan memberikan pidato kemenangan.

Untuk diketahui, Bhanuteja selaku sutradara Penyalin Cahaya berusaha untuk memberikan gambaran tentang seorang korban kekerasan seksual, juga menyebarkan kesadaran tentang topik tersebut. Sebelumnya, Bhanuteja bersama timnya telah meneliti topik tersebut selama setahun, termasuk memulai perbincangan dengan para korban kekerasan seksual. Mereka juga memulai diskusi dengan beberapa aktivis anti-pemerkosaan, termasuk aktris Hannah Al Rashid, yang terlibat dalam penulisan skenario film tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya