5 Fakta Pernikahan Maudy Ayunda, Suami Mualaf hingga Mahar Fantastis

Maudy Ayunda dan Jesse Choi
Sumber :
  • Instagram @maudyayunda

VIVA – Pernikahan Maudy Ayunda dengan Jesse Choi masih hangat dibicarakan oleh publik karena dirasa sangat tiba-tiba.

Intip Gaya Padu Padan Maudy Ayunda, Simpel Tapi Manis

Kabar bahagia pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang bertemu di Stanford University itu dibenarkan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan.

Dia mengatakan bahwa pernikahan digelar di rumah Maudy Ayunda di Cilandak Barat pada jam 09.00 WIB. Maudy menikah dengan pria asal Korea Selatan berwarga negara Amerika Serikat.

Satu Look Bisa Banyak Acara, Contek Gaya Maudy Ayunda yang Simpel Tapi Tetap Stylish

"Dia menikah dengan warga negara Amerika tapi dia aslinya orang Korea yang bernama Jesse Ji Seok Choi," ungkap Kepala KUA, Bunyamin, kepada awak media mengutip dari kanal YouTube Raja TV.

Maudy Ayunda

Photo :
  • Tangkapan Layar
5 Artis Berprestasi Lulus Kuliah dengan Predikat Cumlaude, No 3 Jarang yang Tahu

Sosok suami Maudy, Jesse Choi, yang tak banyak diketahui publik satu per satu mulai terungkap. Mulai dari agama hingga profesinya. Berikut ini adalah fakta-fakta terkait pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang menghebohkan publik, yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Suami Maudy Ayunda mualaf

Jesse Choi merupakan pria asal Korea Selatan yang terlahir dari keluarga non muslim. Namun, dua bulan menjelang pernikahannya dengan Maudy Ayunda, Jesse diketahui telah mengucap dua kalimat syahadat dan telah resmi memeluk agama Islam.

"Suaminya Maudy ini pengislamannya tanggal 25 maret 2022 di Masjid Istiqlal. Dipandu oleh KH. Prof. Dr. Nazarudin Umar," kata Bunyamin.

2.  Menikah secara Islam

Setelah Jesse Choi menjadi seorang mualaf, ayah dari Maudy Ayunda mulai mengurus keperluan pernikahan sang putri ke KUA Cilandak. Pernikahan pelantun lagu Perahu Kertas itu sudah terdaftar di KUA sejak 28 April 2022.

Jesse Choi

Photo :
  • Tangkapan Layar

Menurut Bunyamin, pernikahan Maudy dan Jesse telah resmi dilakukan secara Islam. "Kita tidak mengenal pernikahan beda agama ya, dia (Jesse) sudah mualaf," lanjut Bunyamin.

3. Mahar fantastis

Mahar pernikahan Maudy dan Jesse berupa uang dolar Amerika Serikat yang besarannya sesuai dengan tanggal pernikahan mereka, yaitu sebesar 22.522 dolar atau setara dengan Rp330.307.652.

"Untuk mahar pernikahan mereka menggunakan dolar sesuai dengan tanggal pernikahan mereka 22.522 dolar Amerika," ujar Bunyamin.

Selain mahar uang, ada pula pemberian cincin yang tidak disebutkan dalam ijab qabul. Menurut Bunyamin, pemberian cincin tersebut dapat diartikan sebagai sebuah pemberian atau bentuk ikatan cinta kasih antara Maudy dan Jesse tidak sebagai mahar atau maskawin.

4. Wali pernikahan

Tamu Undangan Maudy Ayunda

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ayah dari Maudy Ayunda, Didit Jasmedi R. Irawan, adalah sosok yang menjadi wali dalam pernikahan itu. Ayah Maudy Ayunda menikahkan langsung putrinya kepada Jesse Choi di hadapan tamu undangan dan keluarga besar.

Selain itu, tercatat ada dua orang yang menjadi saksi pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi.  

5. Ijab qabul dalam bahasa Inggris

Berdasarkan keterangan dari Bunyamin, Maudy Ayunda disandingkan secara langsung dengan Jesse Choi ketika proses ijab qabul berlangsung. Ijab qabul dalam akad tersebut dilakukan dalam Bahasa Inggris dikarenakan Jesse adalah warga negara asing. Bunyamin menyebutkan bahwa proses ijab qabul berjalan lancar dengan sekali ucap.

Acara yang berlangsung sangat khidmat dengan adat Jawa modern itu dihadiri oleh keluarga besar Maudy Ayunda dan Jesse Choi. Diperkirakan ada sekitar 100-150 tamu undangan yang datang dan menjadi saksi momen bahagia itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya