Rangkaian Adat Jawa yang Akan Dilakoni Erina Gudono Jelang Akad Nikah

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • IG @kaesangp

VIVA Showbiz – Erina Gudono akan dipersunting oleh putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Akad nikah keduanya akan diselenggarakan di Pendopo Agung Royal Ambarukmo Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022.

Anwar Fuady Ungkap Persiapan Pernikahannya di Usia 77 Tahun

Beberapa rangkaian upacara adat akan dijalani oleh Erina dan keluarganya. Upacara adat Jawa ini akan dilaksanakan di kediaman Erina pada Jumat 9 Desember 2022. Scroll untuk info selengkapnya.

Upacara adat Jawa ini akan diawali dengan Majang Tarub yang dimulai dengan pemasangan Beleketepe Tuwuhan dan Bucalan. Wigung Wratsangka yang merupakan Owner Pengantin Production mengatakan setelahnya akan ada upacara adat Jawa Adang Sepisan dan Cethik Geni.

Alasan Anwar Fuady Kepincut Wiwiet Tatung hingga Mantap Menikah di Usia 77

"Adang Sepisan dan Cethik Geni ini hanya dilakukan apabila orangtua mantu pertama kali. Mantu, kalau dalam adat Jawa yaitu menikahkan anak perempuan yang pertama kali," ujar Wigung, Selasa 7 Desember 2022 malam.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • IG @kaesangp
Viral di TikTok Pernikahan Low Budget, Enggak Sampai Rp3 Juta

"Kemudian dilanjut dengan Ngracik Tirto Pamorsih yaitu mencampur air dari tujuh sumber dengan kembang (bunga) setaman dan cengkir hijau. Setelahnya adalah Majang Pasarean, ini tradisi yang biasa dilakukan di Keraton. Pesarean ini bukan makam ya tapi tempat sare atau tempat tidur," lanjut Wigung.

Wigung menuturkan upacara adat Jawa selanjutnya adalah Sungkeman. Nantinya Erina akan melakukan Sungkeman kepada ibunya. Setelahnya dilanjut dengan upacara adat Jawa, Langkahan.

"Upacara Langkahan dilakukan karena mbak Erina ini kan mendahului dua kakaknya yang belum menikah," ungkap Wigung.

Wigung membeberkan usai itu akan ada Siraman. Air Siraman ini diambil dari tujuh sumber yaitu air Zam-zam, air dari rumah mempelai putri, dari rumah mempelai putra, Keraton Yogyakarta, Keraton Solo, Puro Pakualaman dan Puro Mangkunegaran.

"Ada tujuh sesepuh yang akan menyirami mbak Erina. Kemudian dilanjutkan dengan acara yang namanya Muloni yaitu mengucurkan air dari klenting (kendi). Untuk pengantin yang muslim dipakai wudhu kalau bukan Muslim yang dikucurkan sampai airnya habis. Setelahnya Mecah Pamor atau memecah kendi yang tadi dipakai," tuturnya.

Erina Gudono

Photo :
  • IG @erinagudono

Wigung menambahkan setelah itu ada upacara Potong Rikmo. Dalam upacara adat Jawa ini, ibu Erina yaitu Sofiatun Gudono akan memotong rambut Erina. Ada tiga bagian yang dipotong yaitu di dahi, kepala dan tengkuk. Wigung menuturkan ini semacam tolak bala.

"Kemudian ada upacara Ngerik yaitu memotong rambut tipis di bagian dahi. Kemudian Ngratus Harum," ungkap Wigung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya