Adidas Rugi Triliunan Setelah Putus Kontrak dari Kanye West

Adidas bekerjasama dengan Yeezy milik Kanye West
Sumber :
  • BBC.com

VIVA Showbiz – Adidas telah memperingatkan bahwa pendapatannya bisa merosot hingga €1,2 miliar (£ 1 miliar) atau Rp. 19 triliun rupiah, jika memutuskan untuk tidak menjual sisa stok produk yang dibuat saat mereka bekerja sama dengan rapper Kanye West, setelah memutuskan hubungan dengan rapper tersebut karena komentar anti-semitnya.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Melansir The Guardian, raksasa pakaian olahraga asal Jerman itu mengatakan keputusannya tahun lalu untuk mengakhiri kemitraan untuk memproduksi rangkaian Yeezy dengan West, akan mencapai keuntungan operasional “hanya” sebesar €500 juta pada tahun 2023.

Saham Adidas anjlok 10% pada awal perdagangan pada hari Jumat pekan lalu setelah mengeluarkan peringatan keuntungan, yang keempat sejak Juli, dan mengatakan merwka masih memutuskan apakah harus "menggunakan kembali" salah satu produk Yeezy untuk dijual.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Pemeran Adidas x Yeezy

Photo :
  • BBC.com

Adidas mengatakan bahwa jika memutuskan untuk menghapus semua saham maka akan membutuhkan €500 juta lebih lanjut untuk laba operasi. “Angka-angka berbicara sendiri. Kami saat ini tidak melakukan sebagaimana mestinya,” kata Bjorn Gulden, kepala eksekutif Adidas, yang bergabung dengan perusahaan bulan lalu. 

Pakai Adidas Samba, PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Hingga Sampaikan Permintaan Maaf, Kenapa?

“2023 akan menjadi tahun transisi untuk menetapkan dasar agar kembali menjadi perusahaan yang tumbuh dan menguntungkan.” lanjutnya. 

Perusahaan pakaian olahraga tersebut mengakhiri hubungannya dengan West pada bulan Oktober, setelah West diskors dari Instagram dan Twitter karena postingan yang kontroversial dan rasis. Dikatakan tindakannya "tidak dapat diterima, penuh kebencian dan berbahaya, dan mereka melanggar nilai-nilai perusahaan tentang keragaman dan inklusi, saling menghormati dan keadilan".

Adidas bekerjasama dengan Yeezy milik Kanye West

Photo :
  • BBC.com

Adidas mengharapkan biaya sebesar €200 juta tahun ini sebagai bagian dari tinjauan strategis yang dilakukan perusahaan untuk "menyalakan kembali pertumbuhan yang menguntungkan" mulai tahun 2024. "Kami perlu menyatukan kembali bagian-bagian itu, tetapi saya yakin seiring waktu kami akan membuat Adidas bersinar lagi," kata Gulden, yang bergabung dari saingannya, Puma. "Tapi tentu, kami butuh waktu."

Adidas mengatakan laba operasinya untuk tahun 2022 turun menjadi €669 juta, turun dua pertiga dari €2 miliar yang dihasilkannya pada tahun 2021, saat masih menjual Yezzy bersama West. 

Pada bulan Maret tahun lalu, Adidas mengatakan akan menutup tokonya dan menangguhkan operasi online di Rusia. Adidas juga terpukul oleh pembatasan Covid yang ketat di China yang diberlakukan untuk mengekang gelombang baru virus akhir tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya