Transgender Isa Zega Umrah Pakai Hijab dan Cadar, Begini Respons MUI

Isa Zega
Sumber :
  • Instagram

VIVA Showbiz – Selebgram Isa Zega membagikan momen saat melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci. Diketahui ia merupakan seorang pria yang merubah identitasnya menjadi wanita, atau bisa disebut transgender.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Saat melaksanakan umrah, Mantan manajer Lucinta Luna ini terlihat mengenakan gamis dan cadar, bahkan dia juga tak segan berada di tengah-tengah jemaah wanita saat berada di Masjidil Haram.

Sontak aksi Isa Zega tersebut pun menuai banyak komentar negatif dari berbagai kalangan, salah satu komentar datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Perwakilan MUI Sulawesi Selatan, Syamsul Bahri mengatakan bahwa apa yang dilakukan Isa Zega adalah hal yang tidak dibenarkan dalam agama Islam. Menurutnya haram hukum seorang laki-laki menyerupai perempuan, terlebih hal itu dilakukan di Tanah Haram.

“Jika ia seorang laki-laki maka harus berpenampilan ke kodratnya sebagai seorang lelaki,” ujarnya dilansir laman MUI, Rabu, 17 Mei 2023.

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan, dalam Islam transgender sendiri dikenal dengan istilah Khuntsa, Mukhannats dan Mutarajjilah.

Khuntsa merujuk pada orang yang memiliki dua alat kelamin sekaligus dalam tubuhnya sejak lahir. Adapun kasus ini harus ditangani medis sehingga diharapkan bisa menemukan kecenderungan sebagai laki-laki atau perempuan.

Kemudian, Mukhannats adalah laki-laki yang berperilaku maupun berpenampilan seperti perempuan, padahal fisiknya jelas seperti laki-laki asli, lalu Mutarajjilah adalah perempuan yang perilaku dan penampilannya menyerupai laki-laki, padahal fisiknya jelas seperti perempuan asli.

Dari ketiganya, kata dia, mukhannats dan Mutarajjilah adalah perkara yang sangat dilarang Allah dan Rasulullah. Dia lantas menyebut sabda Rasulullah SAW berikut:

“Allah melaknat para perempuan yang menyerupai laki-laki, dan para lelaki yang menyerupai perempuan.” Dalam hadis lain disebutkan, “Allah melaknat perempuan yang mengenakan pakaian laki-laki dan laki-laki yang mengenakan pakaian perempuan.

Terakhir, Syamsul menjelaskan, jika perbuatan ini termasuk mukhannats yaitu seorang lelaki yanng menyerupai perempuan maka Allah akan melaknatnya selama ia terus memakai pakaian yang menyerupai perempuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya