Bangga Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games, Iwan Fals: Udah 32 Tahun Puasa Gelar

Musisi legendaris Tanah Air, Iwan Fals
Sumber :
  • Musica Studios

VIVA Showbiz – Musisi Iwan Fals turut merasakan kebahagiaan atas kemenangan yang berhasil diraih oleh timnas Indonesia U-22. Medali emas SEA Games 2023 kini dalam genggaman Indonesia setelah membantai Thailand dengan skor 5-2 di Stadion Olimpiade, Phnom Penh Kamboja pada Selasa malam kemarin, 16 Mei 2023. 

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Pelantun hits Aku Bukan Pilihan itu menuturkan bahwa ikut berbahagia atas pencapaian bersejarah di dunia sepakbola Tanah Air. Terlebih, Iwan Fals menimbang-nimbang bahwa kemenangan ini seolah menjadi jalan baru bagi Indonesia usai puluhan tahun puasa gelar. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

"Ya Intinya senang lah sudah 32 tahun puasa gelar. Biasanya kalau udah menang kedepan insya Allah menang terus," ungkapnya ditemui dalam acara Uniqlo 10th Anniversary, di Jakarta, Rabu 17 Mei 2023.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Pemilik nama lengkap Virgiawan Liestanto itu menjelaskan bahwa ia begitu menikmati laga pertandingan yang disaksikan melalui layar kaca. Ada keberuntungan yang juga menjadi faktor kemenangan, khususnya di detik-detik terakhir sebelum pertandingan berakhir.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Detik terakhir kita gol. Beruntung nasib baik. Menyesal tidak melihat (gol)," kata Iwan Fals.

Musisi berusia 61 tahun itu menambahkan bahwa kemenangan juga ditengarai oleh peran Shin Tae-yong dalam melatih fisik pemain. Shin Tae-yong adalah mantan pemain sepak bola berkebangsaan Korea Selatan yang kini menjadi pelatih tim nasional Indonesia.

"Terima kasih dengan Shin Tae-yong, membuat fisik pemain kita bisa main dua jam lebih," tambahnya.

Iwan Fals juga memberikan rasa terima kasih atas peran pelatih Indra Sjafri yang turut andil dalam kemenangan Timnas Indonesia. Mantan pemain sepak bola Indonesia ini dinilai Iwan Fals sudah memiliki trik di lapangan hijau yang bisa dipoles lebih baik.

"Indra Sjafri tinggal memoles, meskipun prestasi Indra Sjafri juga luar biasa. Menang sama Korea juga," terangnya.

Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas setelah penantian selama 32 tahun, setelah terakhir kali mendapatkan medali emas pada SEA Games tahun 1991.

Medali emas ini merupakan yang ketiga kalinya di cabang olahraga sepakbola setelah di tahun 1987 meraih medali emas pertama.

Kelima gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan Ramadhan Sananta (21', 45'), Irfan Jauhari (91'), Fajar Fathur Rahman (109') dan Beckham Putra (120'). Sedangkan dua gol Thailand ditorehkan Anan Yodsangwal (65') dan Yotsangkorn Burapha (90+).

Laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Namun banyak pemain dari kedua tim yang kelelahan dan harus ditarik keluar tanpa digantikan oleh pemain lain karena kuota pergantian pemain sudah terpakai.

Meskipun begitu Timnas Indonesia yang jumlah dari segi pemain, mampu meredakan Thailand hingga akhirnya skuad asuhan Indra Sjafri meraih medali emas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya