Oscar Lawalata Ungkap Alasan Menjadi Transpuan di Usia 40 Tahun

Desainer Oscar Lawalata.
Sumber :
  • VIVA/Shalli

JAKARTA – Desainer kenamaan yang juga kakak dari aktor Mario Lawalata yakni Oscar Lawalata belum lama ini mengungkap tentang perjalanannya menjadi seorang transpuan. Diungkap Oscar yang kini berganti nama menjadi Asha Smara Darra itu dirinya mantap menjadi transpuan di usianya yang menginjak 40 tahun.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Diungkapnya perubahannya ini bukanlah hal yang mudah, sehingga baru beberapa waktu belakangan ini dirinya berani mengungkap identitasnya sebagai Asha ke publik.

"Karena ini untuk saya, pertama bukan keputusan yang mudah dan juga pencarian diri yang perlu didalami. Karena menurut saya, apalagi kita hidup di Indonesia ya banyak sekali guncangannya jadi membutuhkan waktu yang cukup lama," kata Oscar Lawalata mengutip tayangan YouTube Kick Andy.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Oscar Lawalata.

Photo :
  • Instagram @oscarlawalata

Lebih lanjut, diungkap kakak dari Mario Lawalata ini dirinya baru memutuskan untuk menjadi transpuan di usianya yang menginjak 40 tahun ini lantaran dirinya tak menemukan cinta.

Terungkap! Ini Identitas Selebgram Terjerat Kasus Narkoba di Jaksel, Salah Satunya Chandrika Chika

"Kenapa (di usia) 40 tahun? Saya (pernah) berbicara dengan Tuhan bahwa di umur 40 ini kalau saya tidak menemukan cinta, saya akan mengubah diri saya menjadi wanita," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Oscar mengungkap dirinya juga sudah melakukan persidangan untuk mengganti semua identitas diri seperti KTP, paspor dan dokumen pribadi lainnya.

Oscar Lawalata desain jersey baru NBL Indonesia 2014-2015

Photo :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

"Semua dokumen sudah sesuai dengan nama saya, dan itu resmi. Saya datang ke persidangan melalui pengadilan di Indonesia dan memang prosedurnya seperti itu. Sebaiknya kalau kita sudah mengganti kelamin kita, semua sebaiknya kita laporkan," ungkapnya.

Setelah melakukan persidangan itu, kini Oscar Lawalata sudah memiliki identitas baru yakni, Asha Smara Darra.

"(Semua dokumen) diganti atas nama Asha Smara Darra, perempuan," ujarnya.

Sebelumnya dalam wawancaranya di tahun 2022 lalu, Oscar mengaku butuh waktu selama satu tahun baginya untuk menjalani proses recovery pasca memutuskan untuk operasi di luar negeri dan menjadi seorang transpuan.

"Recovery satu tahun," kata Oscar. 

Oscar Lawalata yang kini telah mengganti namanya menjadi Asha Smara Darra. Dia mengaku bahwa orang-orang mau memanggilnya dengan sebutan Asha atau masih dengan nama Oscar, bagi dia tak masalah. Dia menerima dengan senang hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya