Inge Anugrah Tuntut Nafkah Rp1,03 Miliar, Ari Wibowo Yakin Tak Akan Dikabulkan

Ari Wibowo dan Inge Anugrah
Sumber :
  • Instagram @ariwibowo_official

JAKARTA – Inge Anugrah dikabarkan menuntut nafkah masa lampau dari Ari Wibowo sebesar Rp1,03 miliar sebagai pengganti dari nafkah yang tidak pernah diberikan Ari selama mereka menikah. 

Klarifikasi Transferan Rp500 Juta dari Ria Ricis, Teuku Ryan Ngiranya Honor Pekerjaan

Di sisi lain, tim kuasa hukum Ari Wibowo justru yakin permohonan dari Inge Anugrah tersebut tidak akan dikabulkan oleh majelis hakim. Sejauh ini, Ricky Saragih selaku kusa hukum Ari mengatakan bahwa pihak Inge Anugrah memang berhak menuntut apapun dari kliennya. Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan majelis hakim dengan penuh pertimbangan.

Inge Anugrah.

Photo :
  • Instagram
Ricis Sebut Sulit Komunikasi, Teuku Ryan Merasa Tak Dihargai Sebagai Suami

Ricky menilai tuntutan dari pihak Inge Anugrah dengan menyebutkan nafkah Rp5 juta per bulan, tidak berdasar hukum apapun.

"Itu sebenarnya kalau menurut kami tidak cukup kuat karena tidak pernah diatur dalam peraturan mana pun. Jadi tidak ada angka fix dalam sebuah rumah tangga suami harus memberi Rp5 juta," kata Ricky Saragih di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 17 Juli 2023.

Ria Ricis Ungkap Perasaan Usai Resmi Cerai dengan Teuku Ryan

"Karena ya pemerintah juga tahu bahwa keadaan setiap rumah tangga berbeda. Jadi tidak ada dasar hukumnya," tambahnya.

Sementara itu, dalam sidang pembuktian pihak Inge Anugrah tidak dapat memberikan bukti yang kuat untuk menuntut nafkah masa lampau dari Ari Wibowo itu. Maka dari itu, Ricky yakin majelis hakim tidak akan mengabulkan tuntutan tersebut.

"Tim kuasa hukum Inge dalam sidang tidak memberikan bukti konkret yang menyatakan bahwa ada kewajiban dari klien kami sebagai penggugat untuk memberikan Rp5 juta per bulan. Kami yakin itu tidak akan dikabulkan oleh majelis (hakim)," ujar Ricky Saragih.

Ada beberapa topik yang diajukan oleh pihak Inge Anugrah dalam sidang kali ini, yang salah satunya adalah perihal nafkah. Inge menuntut nafkah masa lampau itu sebagai pengganti haknya selama menjadi istri Ari Wibowo. 

Ari Wibowo

Photo :
  • Intipseleb/Tiya Sukmawati

"Tadi sudah kita sampaikan nafkah masa lampau, itu memang sudah dihitungkan 206 bulan. Ya kalau dihitung Rp 5 juta per bulan ya mungkin Rp1.030.000.000. Itu hitungan kotornya," kata pengacara Inge Anugerah, Thomas Ola Lamaroang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa Ari Wibowo tidak pernah memberikan nafkah untuk keperluan pribadi sang istri. Ari hanya memenuhi nafkah untuk kebutuhan rumah tangga dan anak-anaknya. Sementara untuk uang saku dan keperluan pribadi, Inge Anugrah harus mencari kerjaan sampingan untuk menghasilkan uang.

"Karena selama ini kan Pak Ari ngga pernah memberikan nafkah kepada Bu Inge sebagai istri, bukan sebagai ibu rumah tangga. Harusnya dia sebagai istri ada hak untuk hidup harian dia. Itu kita sampaikan dari jawaban duplik tadi," jelas Thomas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya