Cerita Ernest Prakasa Nyaris Jadi Korban Penipuan Perbankan

Ernest Prakasa
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA – Perkembangan teknologi pada dasarnya diciptakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Akan tetapi, tidak jarang kejahatan yang terjadi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti penipuan perbankan yang bisa menguras isi rekening nasabah hingga habis. 

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Sutradara sekaligus Ernest Prakasa menjadi salah satunya yang pernah hampir menjadi korban penipuan. Akibat keteledorannya, Ernest pernah menghubungi nomer telepon pelaku kejahatan. 

Saat itu, Ernest Prakasa membuat cuitan di Twitter karena mengalami kendala dengan urusan aplikasi perbankan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Komika Ernest Prakasa.

Photo :
  • instagram.com/ernestprakasa

Kemudian, sebuah akun menjawab keluhan tersebut sambil mengatasnamakan bank yang dituju oleh Ernest.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

"Kadang-kadang kalau lagi meleng gitu ya. Pernah hampir di Twitter. Jadi waktu itu aku mention Twitter-nya Halo BCA. Yang reply itu pakai profile picture Halo BCA, padahal itu akun lain namanya diplesetin," ujar Ernest Prakasa saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 24 Juli 2023.

Menanggapi keluhan Ernest, akun tersebut memintanya untuk segera menghubungi via WhatsApp. Tanpa berpikir panjang, ditambah lagi dengan keadaan yang cukup stres, Ernest langsung menghubungi nomor yang diberikan.

Ernest Prakasa.

Photo :
  • Instagram @ernestprakasa

Pelaku penipuan itu langsung meminta Ernest untuk menyebutkan user ID dan password mobile banking dengan alasan untuk mempermudah proses penanganan masalah.

"Saya WhatsApp dan dibalas. Tiba-tiba dia minta user ID sama password mobile banking. Wah ini pasti ada yang salah nih. Masa user ID sama password diminta," ujar Ernest Prakasa. 

Beruntung Ernest Prakasa langsung menyadari kesalahan tersebut dan tidak melanjutkan apa yang diperintahkan oleh orang itu. Ketika dirinya kembali mengecek ke Twitter, rupanya akun itu menggunakan nama yang tidak sesuai dengan nama bank aslinya.

"Pas cek lagi ke Twitter, ternyata akun plesetan. Saya nyaris nih," kata Ernest Prakasa.

Kejahatan di dunia perbankan yang marak dirasakan oleh masyarakat diangkat menjadi sebuah serial komedi yang berjudul 'Nurut Apa Kata Mama'. Serial ini tayang di kanal YouTube Solusi BCA setiap Selasa mulai 25 Juli 2023 pukul 10.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya