Banyak Menuai Kritik, Alshad Ahmad Buka Suara Soal Penyebab Kematian Anak Harimau

Alshad Ahmad
Sumber :
  • IG @alshadahmad

Bandung – Berita kematian anak harimau benggala yang dipelihara Alshad Ahmad berhasil memenuhi media massa. Tak jarang, publik pun menyalahkan Alshad Ahmad karena sudah memelihara hewan liar yang seharusnya berada di habitat aslinya. 

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Setelah berbagai hujatan yang dilayangkan kepada dirinya, Alshad Ahmad pun buka suara mengenai penyebab kematian bayi harimau tersebut. Dia menegaskan bahwa kematian bayi harimau tersebut bukan karena virus

"Update pemeriksaan Cerona, hasil diagnostic test kit antigen: FPV (Feline Panleukopenia): negatif, CPV (Canine Parvo Virus): negatif," kata Alshad Ahmad di Instagram Storiesnya yang dibagikan Kamis, 28 Juli 2023 kemarin. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Anak Harimau Alshad Ahmad

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Sepupu presenter Raffi Ahmad itu menegaskan bahwa kematian anak harimau itu bukan karena dua virus yang disebutkan. Pria yang dekat dengan Tiara Andini itu juga menegaskan bahwa anak harimau tersebut bukan mati karena stres

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

"Gue takut banget kalau virus menyebar ke harimau lain. (Penyebab kematian) bukan karena stres juga, karena tidak ada gejala atau perilaku Cenora stres," tegas Alshad Ahmad. 

Alshad Ahmad mengatakan bahwa dia akan mengeluarkan pernyataan resmi setelah pemeriksaan laboratorium selesai karena terbilang lama. Dia juga mengaku mendapat banyak kritikan setelah anak harimaunya mati. Terlebih, kasus ini adalah harimau ketujuh yang mati. 

"Gue harap perkiraan kalian itu salah ya, semoga salah ya. Kalau misalnya benar gue akan merasa sangat buruk dan merasa bersalah karena setiap penangannya itu gue selalu tanya dulu sama yang lebih tahu. Gue nggak semena-mena melakukan sesuatu tanpa didampingi atau konsul dulu sama yang lebih paham ya," katanya.

Alshad Ahmad

Photo :
  • IG @alshadahmad

Kematian harimau tersebut turut menyita perhatian dari berbagai pihak, salah satunya WWF Indonesia. Sebagai lembaga yang berkonsentrasi terhadap alam, WWF Indonesia mengatakan bahwa seharusnya hewan liar tidak dipelihara di dalam rumah. 

"Mari bersama-sama melestarikan satwa liar dengan jangan membeli, jangan mengonsumsi, dan laporkan otoritas setempat bila mengetahui adanya perdagangan satwa liar dilindungi di sekitar kita," tulis WWF Indonesia yang dilansir pada Jumat, 28 Juli 2023.

"Masih ingat kasus Covid-19? Kasus ini dipercaya ditularkan dari satwa kelelawar. Ini juga dapat terjadi jika kita memelihara satwa liar yang dapat menularkan virus atau bakteri yang terdapat di satwa tersebut," jelas WWF Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya