Ramzi Ungkap Penyebab Ibundanya Meninggal Dunia, Bermula dari Obesitas

Ramzi
Sumber :
  • Instagram/abiramzi76

JAKARTA – Presenter ternama Tanah Air, Ramzi tengah berduka. Pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023, ibunda Ramzi, Afiah Barawas meninggal dunia. Pada saaf ditemui awak media, Ramzi bercerita mengenai sakit yang diidap sang ibunda sampai akhirnya meninggal dunia.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Menurut Ramzi, ibunda tercintanya itu mengalami obestitas. Dari obesitas tersebut, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ramzi, sahabat Saipul Jamil

Photo :
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Ibu saya itu mengalami obesitas, berat badan dan kondisi badan semakin lama semakin membesar, dan saya baru tahu kalau obesitas itu enggak harus banyak makan tapi ternyata metabolismenya sudah berantakan sehingga kondisi badannya semakin membesar," kata Ramzi saat ditemui di rumah duka di kawasan Poltangan, Jakarta Selatan, Sabtu, 19 Agustus 2023.

"Dari obesitas itu akhirnya jadi kemana-mana, logikanya kadar lemak jadi kemana-mana," tambahnya.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Ramzi menjelaskan, ibunya sempat masuk rumah sakit dua bulan yang lalu dan dirawat selama lima hari karena kondisi paru-parunya. Selain itu, ibunda Ramzi juga memiliki riwayat darah tinggi.

"Baru dua bulan lalu masuk rumah sakit sempat dirawat lima hari karena udah kedua kali paru-parunya kemasukan air lagi, akhirnya disedot. Terus jantungnya udah kebanyakan lemak lah, darah tinggi. Jadi memang udah banyak faktor udah banyak penyakit," ucap Ramzi.

Terakhir, Ramzi menjelaskan ibundanya itu susah berjalan dan sudah menjalani treatment. "Yang paling saya gregetan kemarin tuh kakinya pas pulang dari rumah sakit kecengklak gitu," kata Ramzi.

"Pulang lagi bawa ambulans, pakai ambulans ke sini, digotong, semenjak 2 bulan dari rumah sakit, belum bisa jalan lagi, namanya berat badan besar, tumpuan ada masalah, sedikit-sedikit treatment, udah bisa berdiri, duduk, tapi belum bisa jalan," tambahnya.

Ibunda Ramzi meninggal dunia di usia 63 tahun. Sebagai seorang anak, Ramzi mengaku merasa sangat bangga dengan perjuangan sang ibunda untuk membesarkannya.

"Sekarang 63 tahun. 15 tahun ibu saya menikah, 16 tahun melahirkan saya. Dari dulu saya memang hanya hidup bertiga. Nenek saya, ibu saya, dan saya. Makanya saya sering bilang di TV, saya dirawat oleh dua perempuan hebat," kata Ramzi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya