Profil Michael Gambon, Pemeran Dumbledore di Waralaba Harry Potter yang Meninggal Dunia

Michael Gambon.
Sumber :
  • AP Photo

Inggris – Tampaknya sebagian besar orang telah mengenal sosok Michael Gambon berkat perannya sebagai Dumbledore di film Harry Potter. Kini, ia dikabarkan meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada Kamis, 28 September 2023 waktu setempat. 

Berduka Atas Meninggalnya Yayu Unru, Dian Sastro: Sampai Ketemu Kembali di Tempat Terindah

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh sang istri, Anne dan putranya, Fergus, lewat perantara humas Clair Dobbs. "Kami sangat terpukul mengumumkan perginya Sir Michael Gambon," ujarnya seperti dilansir dari Guardian. 

Gambon menghembuskan napas terakhir di sebuah tempat tidur di Inggris setelah menderita pneumonia. "Kami meminta kalian menghormati privasi di saat yang sulit ini dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta," lanjut keluarga.

Kenang Kebaikan Yayu Unru, Teuku Rifnu: Dia Buatkan Puisi dan Lagu untuk Saya

Profil Michael Gambon

Michael Gambon.

Photo :
  • AP Photo
Kenangan Yayu Unru: Dunia Akting Tuh Begini!

Gambon diketahui lahir di Dublin, Irlandia pada 19 Oktober 1940 silam. Ia merupakan anak dari seorang insinyur dan penjahit. Keluarganya memilih pindah ke Camden Town di London, Inggris saat dia berusia enam tahun.

Hal tersebut dipilih karena sang ayah harus bekerja untuk membangun kembali setelah perang. Ia sempat meninggalkan bangku sekolah karena ingin bekerja di bidang teknik, tapi ia berakhir menjadi anggota kelompok teater amatir.

Saat itu, Gambon selalu tahu dirinya bakal terjun ke dunia akting. Dia juga mengakui sempat terinspirasi dari aktor Marlon Brando dan James Dean yang diyakini merepresentasikan kegelisahan remaja. 

Perjalanan Karier

Michael Gambon.

Photo :
  • AP Photo

Pada tahun 1962, Gambon mulai mengikuti audisi dan berujung menjadi salah satu anggota asli Royal National Theatre, sebuah pertunjukan seni paling populer yang didanai publik di Inggris.

Sejak saat itu, Gambon mulai membangun karier di dunia akting, mulai dari panggung teater, serial TV, hingga layar lebar. Salah satu karakter yang paling banyak dikenal yaitu perannya di film Harry Potter. 

Selain itu, peran lain yang membuat sosok Gambon dikenal banyak orang adalah menjadi pemimpin mafia psikotik dalam The Cook, the Thief, His Wife & Her Lover (1989), serta Raja George V dalam The King's Speech (2010).

Peran di Harry Potter

Film Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2

Photo :
  • facebook.com/harrypottermovie

Figur Gambon lekat dengan penyihir bijaksana berambut panjang keperakan dan menjadi Kepala Sekolah Sihir Hogwarts dalam film adaptasi novel Harry Potter karya JK Rowling. 

Ia resmi menggantikan Richard Harris pemeran Albus Dumbledore dalam dua film pertama yang meninggal tahun 2002. Gambon memerankan karakter Dumbledore dalam seri ketiga waralaba tersebut yaitu Harry Potter and the Prisoner of Azkaban.

Bukan hanya itu, perannya tersebut dilanjutkan dengan menjadi penyihir dalam Harry Potter and the Goblet of Fire (2005), Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007), dan Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009).

Dalam film ketujuh sekaligus yang terakhir Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 dan Part 2, sosoknya juga muncul untuk peran yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya