Meski Sudah Minta Maaf ke Polisi, Kasus Leon Dozan Tetap Lanjut

Leon Dozan
Sumber :
  • antvklik @Alfa Syahida

JAKARTA – Anak artis senior Willy Dozan, Leon Dozan, akhirnya memakai baju oranye dan ditahan oleh pihak kepolisian. Sebelumnya, Leon Dozan diduga telah melakukan penganiayaan terhadap sang kekasih Rinoa Aurora Senduk yang merupakan Putri Dirgantara Sulut tahun 2020. 

3 Cewek Remaja Pelaku Perampokan Sadis di Bojonggede, Korban Disekap-Disemprot Obat Serangga

Tak hanya melakukan dugaan kekerasan, sebuah video juga menunjukkan bahwa Leon Dozan terang-terangan menghina institusi Polri dengan menyebutnya dengan kata umpatan yang kasar. Pihak kepolisian akhirnya menahan Leon Dozan yang dilaporkan atas tuduhan penghinaan terhadap kepolisian. Scroll untuk informasi selengkapnya.

“Terhadap ucapan yang disampaikan oleh tersangka yang menghina Institusi Polri, kami hari ini juga telah menerbitkan laporan polisi, terkait penistaan terhadap Institusi Polri,” ujar Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro, di Polres Metro Jakarta Pusat, Jumat 17 November 2023.

Polisi Blak-blakan Ungkap Penyebab Macet Horor di Yos Sudarso Jakut Pagi Ini

Video ketika Leon Dozan mengumpat dan mengolok institusi Polri itu sudah ramai dibicarakan di berbagai media sosial hingga ditayangkan di televisi maupun media. Sehingga, video tersebut sudah menjadi barang bukti yang kuat untuk menahan Leon Dozan.

Polisi di Kayong Utara Diduga Lecehkan ART dan Anak Angkat

“Mungkin semua media sudah melihat di TV, mendengar di media sosial, bagaimana ucapan-ucapan tersebut disampaikan dengan lantang dan jelas terhadap Institusi Polri,” tambahnya.

Akhirnya, atas ujaran kebencian yang mengarah pada kata-kata umpatan itu, Leon Dozan dijerat pasal penghinaan.

“Kami menerapkan pasal 207 KUHP terhadap tersangka atas penghinaan Institusi,” kata Susatyo Purnomo Condro.

Kasus ini akan tetap dilanjutkan dan laporan atas Leon Dozan pun akan terus diproses oleh pihak polisi meskipun dia sudah menyampaikan permintaan maaf.

Leon Dozan juga ditahan atas dugaan penganiayaan yang dilakukan terhadap Rinoa. Masalah ini pertama kali terungkap karena sebuah akun X (Twitter) mengunggah bukti berupa foto-foto anggota tubuh Rinoa yang mengalami memar, diduga akibat tindak kekerasan dari Leon Dozan.

Leon Dozan

Photo :
  • Instagram @lambe_turah

"Terhadap tersangka kami terapkan Pasal 351 KUHP atau penganiayaan dan terhitung mulai hari ini kami telah menetapkan tersangka dan melakukan penahanan terhadap tersangka," ujarnya.

Beberapa jam sebelum diamankan, Leon Dozan mengunggah video permintaan maafnya ke Instagram. Sambil duduk dengan ekspresi wajah datar, putra Willy Dozan dan Betharia Sonata itu mengaku khilaf atas perbuatannya.

“Saya akui saya salah. Saya khilaf atas perbuatan saya yang sudah melakukan kata-kata kasar kepada institusi Polri,” kata Leon Dozan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya