Pihak Keluarga Tak Tahu Nanie Darham Tambah Titik Sedot Lemak, hingga Penambahan Durasi Operasi

Nanie Darham
Sumber :
  • IG @andiendarham

VIVA Showbiz – Kabar meninggalnya aktris Nanie Darham akibat dugaan malpraktik medis menjadi sorotan publik. Pasalnya, Nanie Darham yang mulanya sangat yakin dengan kemampuan dokter dari klinik kecantikan tempatnya melakukan prosedur, justru meregang nyawa dan ditemukan banyak kejanggalan dari kejadiannya.

Eko Patrio Ungkap Parto Sudah Lama Menahan Sakit hingga Akhirnya Dioperasi

Pihak keluarga mengungkapkan bahwa Nanie Darham melakukan prosedur sedot lemak itu sekitar 2 bulan setelah ia melahirkan caesar, yang mana masih ada bekas jahitan yang belum mengering.

Tetapi, pihak klinik kecantikan begitu meyakinkan Nanie Darham bahwa prosedur sedot lemak itu tidak akan berdampak pada bekas jahitan caesar dan minim komplikasi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

"Dia (Nanie Darham) bilang, 'ngga apa-apa ini dokternya gue percaya, dia aman, dia bilang operasinya simple cuma 2 jam. Sama dia bisa melakukan operasi dalam 2 bulan setelah caesar, titiknya beda dengan caesar'," ungkap sang kakak Indrie Darham, mengutip video Ngobrol Asix, Rabu 29 November 2023.

Nanie Darham

Photo :
  • IG @andiendarham
Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Nanie Darham bahkan sempat sesumbar pada teman-temannya bahwa ia menemukan klinik kecantikan yang dipercaya sangat bisa melakukan prosedur sedot lemak itu dengan baik.

Akhirnya, Nanie Darham memutuskan untuk melakukan tindakan sedot lemak pada 21 Oktober 2023 lalu di klinik kecantikan pilihannya sendiri.

Sebelum melakukan tindakan, Indrie Darham terlebih dahulu menelepon sang adik untuk mengecek kondisinya. Di situ, Nanie Darham nampak sangat antusias karena hendak menjalani prosedur sedot lemak.

Seperti yang sebelumnya dikatakan oleh Nanie Darham bahwa proses sedot lemak itu hanya akan berlangsung selama 2 jam, maka Indrie Darham mulai merasakan keanehan karena sudah lebih dari 3 jam masih belum ada kabar dari adiknya.

Nanie Darham

Photo :
  • Twitter

"Udah lewat 2-3 jam kok belum ada kabar, belum selesai. Yang saya terima malah telepon dari Erika (bilang) 'Indrie, doain ya Nanie ngga kenapa-kenapa dia komplikasi dilariin ke rumah sakit'. Langsung hati saya kayak mau loncat," cerita Indrie Darham.

Saat itu, posisi Indrie Darham sedang berada di Bali sehingga ia tidak bisa langsung datang ke Jakarta. Ia hanya menunggu kabar dari suami Nanie Darham, yang akhirnya menelepon menyampaikan kabar duka.

Dari situlah akhirnya pihak keluarga Nanie Darham mengetahui bahwa ada penambahan durasi dan titik operasi yang dilakukan oleh Nanie Darham.

Mulanya, Nanie Darham memang hanya akan menjalani prosedur operasi selama 2 jam, tetapi karena ia menambah operasi sedot lemak di bagian bokong dan pinggang belakang, maka estimasi waktu operasi pun semakin panjang.

Biaya yang dibebankan pun juga bertambah dari yang awalnya hanya Rp200 juta menjadi Rp300 juta.

"Ternyata itu ada penambahan titik, ditawarin pengerjaan bokong dan pinggang belakang. Akhirnya ada penambahan biaya dari 200 jadi 300 juta. Nambah waktu dari 2 jam sampai 5 jam," jelas Indrie Darham.

Menurut pihak keluarga, keputusan atas penambahan tindakan operasi tersebut dilakukan tanpa persetujuan pihak keluarga secara resmi. Formulir persetujuan bahkan ditandatangani oleh Nanie Darham sendiri dan saksinya adalah suster klinik itu.

"Keluarga ngga ikut menyatakan persetujuan apalagi perubahan durasi 2 jam menjadi 5 jam. Lalu kita baru dapat data bahwa yang tanda tangan formulir persetujuan itu adalah korban sendiri, ditambah saksinya dari suster," ujar Hartono Tanuwidjaja selaku kuasa hukum keluarga Nanie Darham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya