Dukung Bobon Santoso Protes Kedatangan Rohingya, Anji: Ini Seperti Kisah Palestina

Anji Manji
Sumber :
  • Instagram @duniamanji

Jakarta – Masalah kehadiran etnis Rohingya yang semakin masif ke Aceh, kini sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Sejumlah warganet mulai gerah dengan sikap para pengungsi yang secara terang-tengah kurang bersyukur atas apa yang telah diberikan. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Kini, beberapa selebriti pun mulai buka suara untuk menanggapi hal tersebut. Anji merupakan salah satu artis yang turut menanggapi komentar Bobon Santoso, seorang vlogger yang sering membuat konten kuliner dan memasak dengan cara yang unik nan menarik. 

Namun rupanya, Bobon Santoso melihat perhatian besar atas isu masuknya etnis Rohingya ke Aceh yang terus bertambah sampai hari ini. Bobon Santoso menyuarakan protes atas kedatangan etnis tersebut sambil menyuarakan dukungan kepada masyarakat Aceh. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Anji Manji

Photo :
  • Instagram @duniamanji

Protes disuarakan Bobon Santoso dalam bentuk video yang diunggah ke media sosial. Dalam videonya, Bobon menyorot perbandingan nasib masyarakat Indonesia dan bantuan para etnis Rohingya. Video ini menyita perhatian dari Anji agar tak bernasib seperti Palestina

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dalam video tersebut, Bobon menyoroti pengungsi Rohingya yang mendapatkan makanan gratis setiap hari tapi ada yang mengeluh porsinya kurang banyak. Sementara masyarakat kurang mampu di Indonesia tampak selalu bersyukur dan tersenyum bahagia. 

"Rohingya: Makan minum gratis setiap hari. Pakaian gratis. Gak kerja dapat 1,2 juta per orang. Dapat makan terlalu dikit ngeluh. Minta tempat tinggal permanen," begitu teks yang disematkan dalam videonya.

Pengungsi Rohingya di Tugu Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh

Photo :
  • VIVA/Dani Randi

"Video ini sebagai bentuk protes! Saya berdiri bersama kalian jutaan Rakyat indonesia, menolak pengungsi Rohingya yang semakin hari berdatangan secara masif dan terorganisir," tulis Bobon dalam keterangannya.

Ia kemudian menyorot perbandingan antara masyarakat Indonesia dan Rohingya. Ia juga berharap ada ketegasan dari pemerintah Indonesia dalam menanggapi isu kehadiran etnis Rohingya yang semakin banyak di Indonesia. 

"Jika Rohingya boleh disayang, apakah saudara sebangsa dan setanah air kami yang berada di Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, pedalaman Jawa, pedalaman Bali, dan ribuan perkampungan miskin lainnya boleh marah??" tulis Bobon.

Bobon Santoso

Photo :
  • YouTube Deddy Corbuzier

"Statement pemerintah harus tegas, sampaikan ke internasional. Kami tidak akan mengurusi pengungsi negara lain, mayoritas rakyat kami sudah hidup seperti pengungsi itu sendiri. Teruntuk saudara/ i ku di Aceh.. Sabar, kita doakan ini akan cepat berlalu..," sambungnya.

Dari sekian banyak komentar yang memperlihatkan protes atas kehadiran etnis Rohingya di Aceh, terselip komentar dari penyanyi Anji. Ia mewanti-wanti nasib Indonesia bisa seperti Palestina di masa depan jika hal tersebut terus berlanjut. 

"Ini seperti kisah Palestina dulu. Nanti lama-lama mereka berjumlah jutaan orang dan akhirnya seperti memiliki hak atas tanah yang mereka tinggali," tulis Anji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya