Polisi Akhiri Penyelidikan Narkoba G-Dragon, Bagaimana Nasib Lee Sun Kyun?

Lee Sun Kyun diperiksa di kantor polisi atas kasus penggunaan narkoba
Sumber :
  • Koreaboo

VIVA Showbiz – Kasus dugaan narkoba yang melibatkan G-Dragon (GD) akhirnya mencapai akhir yang cerah. Polisi akhirnya menyelesaikan penyelidikan atas tuduhan narkoba terhadap GD tanpa dakwaan.

Nisa 'Ratu Narkoba' Asal Aceh dan 5 Terdakwa Dituntut Mati di PN Medan

Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Metropolitan Incheon mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak menyerahkan G-Dragon, yang ditahan tanpa penahanan karena melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkotika, ke penuntutan.

Sebelumnya, polisi mendakwa dan menyelidiki GD berdasarkan pernyataan seorang wanita "A" yang merupakan direktur wanita di sebuah perusahaan hiburan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Kasus Mayat Bayi di Tanah Abang, Kedua Pelaku Terancam 15 Tahun Penjara

Lee Sun Kyun dan G Dragon

Photo :
  • Koreaboo

Namun, GD secara sukarela menghadiri panggilan polisi dan dinyatakan negatif dalam semua jenis tes narkoba, termasuk pemeriksaan mendetail pada rambut dan kukunya.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Polisi kemudian melanjutkan penyelidikan namun tidak menemukan bukti yang jelas. Karena wanita A juga membalikkan pernyataannya, sehingga tidak mungkin untuk mengonfirmasi tuduhan narkoba terhadap sang idol.

Hasilnya, GD membuktikan kebenarannya bahwa ia selama ini tidak terlibat dalam penggunaan narkoba.

Lee Sun Kyun

Photo :
  • Instagram @beloved_leesunkyun

Penyanyi pria itu diperkirakan akan segera melanjutkan aktivitasnya setelah beredar rumor bahwa ia mendiskusikan kontrak eksklusif dengan Galaxy Corporation, perusahaan produksi program asli Netflix “Physical: 100”.

Di samping itu, mengenai pemeriksaan rinci Badan Forensik Nasional terhadap bulu kaki Lee Sun Kyun untuk penyelidikan narkoba, Tim Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Metropolitan Incheon mengumumkan bahwa pihaknya tidak menemukan bukti yang cukup juga.

"Penilaian yang tepat tidak mungkin dilakukan karena berat rambut yang tidak mencukupi," kata perwakilan kepolisian, melansir KBIZoom, Selasa 19 Desember 2023.

Lee Sun Kyun

Photo :
  • Allkpop

Sebelumnya, Lee Sun Kyun dinyatakan negatif pada pemeriksaan pertama oleh Badan Forensik Nasional dengan rambut dikumpulkan setelah melakukan tes narkoba sederhana.

Sama halnya dengan GD, Lee Sun Kyun dicurigai menggunakan narkoba di kediaman wanita A yang memiliki riwayat kejahatan narkoba, wanita itu ditangkap karena menggunakan sabu sebanyak tiga kali antara bulan Maret dan Agustus tahun ini.

"A memberi saya obat-obatan tetapi menipu saya dengan mengatakan bahwa itu adalah obat. Saya tidak tahu bahwa itu adalah obat-obatan terlarang," kata Lee Sun Kyun.

Aktor Lee Sun Kyun

Photo :
  • HODU&U Entertainment

Sang aktor bersikeras bahwa dia tidak memiliki niat apa pun dari melakukan kejahatan tersebut. Faktanya, sulit untuk menghukum seseorang karena kejahatan narkoba jika niatnya tidak dapat dibuktikan.

Oleh karena itu, polisi fokus mengamankan pernyataan informan dan mengamankan bukti karena Lee Sun Kyun dan GD dinyatakan negatif narkoba.

Namun, pengadilan menolak permohonan surat perintah penggeledahan dan penyitaan atas konten komunikasi GD dan kediaman Lee Sun Kyun karena kurangnya bukti yang mendukung tuduhan narkoba.

Kemudian pada tanggal 19 November, pengacara Bae Han Jin berkata kepada Hankook Ilbo soal kekurangan yang dimiliki oleh kepolisian sehingga mereka tidak bisa mendapatkan surat perintah.

"Fakta bahwa pengadilan menolak surat perintah yang paling rendah sekalipun, surat perintah komunikasi, berarti bahwa mereka menilai pernyataan informan kurang memiliki kredibilitas. Itu adalah kemungkinan besar mempertahankan dakwaan akan sulit," kata Bae Han Jin.

"Saat dia (Lee Sun Kyun) mengaku mengunjungi rumah informan, mencari tahu apakah itu disengaja atau tidak adalah faktor kuncinya sekarang. Jika aktor tersebut diakui sengaja menggunakan narkoba, itu akan menjadi tidak mungkin untuk menunda penuntutan," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya