Umi Pipik Ungkap Pesan Terakhir Uje Sebelum Meninggal Dunia, Seolah Ada Firasat Buruk

Umi Pipik
Sumber :
  • IG @_ummi_pipik_

JAKARTA – Istri Almarhum Ustadz Jefri Al Buchori (Uje), Umi Pipik, mengungkapkan bahwa ia tidak pernah berpikir akan menjadi seorang pendakwah yang meneruskan perjuangan suaminya dahulu. Seperti diketahui, sebelum meninggal dunia Uje memang sering hadir sebagai bintang tamu di berbagai acara untuk memberikan ceramah agama. Tetapi Umi Pipik sendiri sama sekali tidak membayangkan akan melakukan hal yang sama sekarang.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Akan tetapi, Umi Pipik akhirnya memilih jalan ini juga karena keinginan lama Uje yang pernah disampaikan sebelum meninggal. Scroll lebih lanjut ya.

"Saya enggak pernah punya cita-cita jadi pendakwah, saya ngga kepikiran ada di jalan ini juga," kata Umi Pipik, mengutip YouTube Alanabi Channel, Jumat 22 Desember 2023.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Uje meninggal dunia pada 2013. Di siang hari sebelum terjadinya kecelakaan motor yang yang merenggut nyawanya itu, Uje sempat menyampaikan pesan kepada Umi Pipik supaya ia kelak menjadi seorang pendakwah seperti dirinya. Seolah menjadi pertanda, tetapi Uje meminta Umi Pipik untuk bersiap diri meneruskan perjuangannya.

Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella Mendadak Dijodohkan, Ini Respons Umi Pipik

"Tapi 1 hari sebelum Uje meninggal. Malam meninggal itu siang masih sholat sama saya berdua di kamar. Selesai sholat dhuhur, dia langsung bilang 'Mi, kamu udah harus siap dakwah'," ujar Umi Pipik.

Mendengar permintaan suaminya itu, Umi Pipik mengaku sangat terkejut. Pasalnya Uje tidak pernah meminta hal itu dan Umi Pipik pun merasa belum memiliki ilmu yang cukup banyak dibandingkan dengan almarhum.

"Saya bilang 'Wah jangan saya lah'. Saat itu, saya ngaku belum punya ilmu apapun 'Kamu aja, kan orang tahunya kamu yang dakwah kenapa harus saya?'," katanya.

40 Hari Almarhum Ustaz Jeffry Al Buchori

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Lebih lanjut, Umi Pipik semakin dibuat bingung karena Uje mengatakan bahwa orang-orang akan segera mengenal baik dirinya dan tidak akan lagi melihat Uje. Umi Pipik lantas berpikir bahwa itu adalah firasat dari sang ustadz yang mungkin muncul sebelum meninggal dunia.

"Saat itu dia bilang 'Sebentar lagi orang akan tahu kamu, sebentar lagi orang akan lihat kamu, nggak akan lihat saya'. Itu saya nggak paham, nggak punya firasat nanti malam dia bakalan meninggal orang sehat," ungkap Umi Pipik.

Bukan hanya meminta Umi Pipik meneruskan perjuangan mendakwah, Uje juga meminta ibunda Abidzar Al Ghifari tersebut untuk kuat menghadapi ujian hidup yang berat. Mengingat menjadi tokoh agama bukanlah hal yang mudah dan pasti ada rintangan di sepanjang jalan.

Peringatan 40 Hari Meninggalnya Ustaz Jeffry Al-Buchory (Uje)

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Uje sendiri rupanya sudah berhenti berdakwah sekitar seminggu sebelum meninggal dunia. Ia menolak untuk hadir di beberapa acara dan menyerahkan semua jadwalnya kepada sahabat yang lain. Umi Pipik lantas menanyakan alasan mengapa sang ustadz tak mau berdakwah dan alasannya karena Uje ingin fokus menghabiskan waktu dengan keluarga.

"Saya tanya kenapa nggak mau dakwah. Jawabannya cuman ingin jadi suami yang baik dan ayah yang baik. Jadi, menghabiskan waktu seminggu sebelum meninggal di rumah dan fokus sama keluarga," ujar Umi Pipik.

Akhirnya, Umi Pipik merealisasikan keinginan terakhir Uje setelah masa iddah. Ia memulai dakwah saat mendapat undangan di Kalimantan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya