Mantan Presiden Korsel Soroti Kematian Lee Sun Kyun, Kritik Investigasi Polisi dan Pers

Moon Jae-in Presiden Korea Selatan
Sumber :
  • Instagram/Seoul_Korea

SEOUL – Kabar meninggalnya aktor Lee Sun Kyun menarik perhatian dari berbagai pihak, tidak hanya rekan sesama artis tetapi juga mantan Presiden Korea Selatan, Moon Jae In. Ia membahas kematian mendadak Lee Sun Kyun yang menghebohkan publik lewat cuitan di media sosial Facebook.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

Mantan Presiden tersebut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya aktor Lee Sun Kyun secara tragis. Mengingat bahwa sang aktor sudah membintangi banyak judul film dan drama terkenal, Moon Jae In merasa sangat dekat dan kenal dengannya karena sering menonton hasil karya sang aktor. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Saya berduka atas kematian tragis aktor Lee Sun Kyun. Sebagai seorang aktor yang saya kenal melalui film dan drama, rasanya seolah-olah seorang kenalan dekat telah meninggalkan dunia ini," tulisnya, melansir Allkpop, Jumat 29 Desember 2023.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Mantan Presiden Moon Je In melanjutkan, dia mengungkapkan kesedihan yang mendalam atas kejadian ini. Ia juga sangat menyayangkan karena kematian Lee Sun Kyun ini diduga karena perilaku buruk pihak kepolisian dan pers yang membuatnya merasa tertekan selama penyelidikan narkoba berlangsung.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

"Hal ini bahkan lebih menyayat hati karena tampaknya praktik investigasi lembaga penegak hukum dan perilaku pemberitaan media adalah katalis bagi keputusan tragisnya,” ujarnya.

Moon Jae In menyindir para penegak hukum di Korea Selatan dan berharap kasus Lee Sun Kyun ini bisa menjadi bentuk introspeksi supaya ke depannya proses investigasi kepolisian maupun pemberitaan di media tidak berujung pada kejadian tragis yang sama lagi.

"Saya sangat berharap kejadian menyedihkan ini mendorong introspeksi dan meninggalkan praktik investigasi dan pelaporan yang regresif, serta mencegah terulangnya kejadian memilukan seperti itu. Kita harus mengakhiri situasi di mana tuduhan dan spekulasi membanjiri media, menyebabkan kerugian signifikan terhadap reputasi dan martabat individu bahkan sebelum tuntutan pidana dikonfirmasi, yang pada akhirnya berujung pada akibat yang tragis," kata Moon Jae In.

Pada Rabu 27 Desember, Polisi Seongbuk Seoul menemukan aktor Lee Sun Kyun meninggal di mobilnya dekat Monumen Perang Seoul. Sebelumnya pada hari itu, laporan berupa surat wasiat menyebabkan kendaraannya ditemukan pada pukul 10:30 waktu setempat.

Lee Sun Kyun diperiksa di kantor polisi atas kasus penggunaan narkoba

Photo :
  • Koreaboo

Hal itu terjadi hanya 69 hari setelah tuduhan penggunaan narkoba diajukan terhadapnya pada Oktober 2023. Meskipun hasil tes narkoba negatif, penyelidikan terus berlanjut berdasarkan klaim manajer klub malam 'A,' yang meminta 350 juta KRW dari Lee Sun Kyun dan memiliki riwayat pelanggaran narkoba.

Lee Sun Kyun membantah tuduhan tersebut, menyatakan bahwa dia mengira zat yang diberikan oleh 'A' adalah alat bantu tidur dan bahkan mengajukan diri untuk tes pendeteksi kebohongan. Setelah kematiannya, polisi mencatat adanya tantangan dalam pengumpulan bukti dan menyatakan tidak ada tindakan paksaan yang digunakan dalam penyelidikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya