Suami Kartika Putri Ajari Anaknya yang Berusia 4 Tahun Berpuasa Sebulan Penuh

Kartika Putri dan Habib Usman
Sumber :
  • IG @kartikaputriworld

VIVA Showbiz – Habib Usman bin Yahya, suami dari Kartika Putri, mengungkapkan kekagumannya terhadap prestasi putri mereka, Khalisa Aghnia Bahira, yang baru berusia 4 tahun namun telah menjalankan ibadah puasa penuh selama bulan Ramadan ini.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

"Alhamdulillah, jalani puasa Ramadan, Khalisa, umur 4 tahun," ujar Habib Usman seperti yang dikutip dari unggahan video di akun TikTok @p1sangkubelummasak, pada Selasa, 19 Maret 2024. Scroll lebih lanjut ya.

Menurut keterangan dari Habib Usman, Khalisa telah memulai puasanya sejak hari pertama bulan Ramadan dan hingga saat ini tetap konsisten dalam menjalankannya.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

"Jadi Khalisa alhamdulillah, umur 4 tahun sampai hari ini belum pernah kalah," tambah ayah dari empat anak tersebut.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Meski awalnya Khalisa merasa berat untuk menjalankan puasa penuh seperti yang biasa dilakukan oleh orang dewasa, namun dengan dukungan dan ketegasan dari Habib Usman, Khalisa berhasil melaluinya.

"Khalisa hari pertama nangis, benar-benar minta mau makan," ungkap Habib Usman.

Namun, Habib Usman tidak membiarkan Khalisa membatalkan puasanya dan baru memperbolehkannya untuk makan saat tiba waktu maghrib.

Habib Usman juga mengungkapkan bahwa Khalisa awalnya enggan untuk berpuasa karena merasa lapar, tetapi sejak hari kedua hingga sekarang, Khalisa telah menunjukkan kesungguhan dan keberhasilannya dalam menjalankan ibadah puasa.

"Sebenarnya kalau ditanya mau nggak puasa? (Jawabnya) enggak. Karena apa? Karena dia lapar," katanya.

Kartika Putri dan Habib Usman

Photo :
  • Instagram @kartikaputriworld

"Tapi hari ke-satu kedua, dia berat. Hari ketiga, keempat sampai sekarang, alhamdulillah, hebat dia. Mau puasa terus," lanjut Habib Usman.

Menurut Habib Usman, pendekatan tegas terhadap Khalisa dalam menjalankan ibadah puasa adalah bagian dari proses pendidikan dan pembiasaan yang ia terapkan, yang juga dipengaruhi oleh pengalaman masa kecilnya di mana ibadah sering kali harus dipaksa oleh orang tuanya.

"Karena awalnya ibadah itu, paksa. Pokoknya paksa dulu, lama-lama terbiasa, lama-lama bisa. Lama-lama menikmati, akhirnya tambah ketagihan," katanya.

Lebih lanjut, Habib Usman juga mengungkapkan bahwa Khalisa telah dijanjikan hadiah apabila berhasil menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya