Banyak Orang Tunda Nikah karena Gak Punya Biaya, Zaskia Adya Mecca: Rp7,5 Juta Itu Cukup

Zaskia Adya Mecca
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Pernikahan bagi Zaskia Adya Mecca adalah sesuatu yang sakral namun tak perlu jadi beban bagi yang melaksanakannya. Pernikahan semestinya jadi momen sekali dalam hidup yang terkenang sepanjang masa tanpa mengesampingkan kemampuan masing-masing orang.

Tengku Dewi Siap Gugat Cerai Andrew Andika, Daftar ke Pengadilan Agama Minggu Ini

Zaskia Adya Mecca dengan bangga mengatakan bahwa pernikahannya dengan Hanung Bramantyo dahulu tidak membutuhkan biaya yang besar. Di zaman para artis menggelar acara menikah sangat mewah, Zaskia Adya Mecca justru hanya menghabiskan Rp7,5 juta saja sebagai modal. Kok bisa? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

"Oh iya dong (biaya nikah Rp7,5 juta). Makanya aku nggak habis pikir orang mau nikah keluar duit banyak itu," kata Zaskia Adya Mecca, mengutip video Instagram @rumpi_gosip, Senin 15 April 2024.

Sah! Melody Prima Resmi Menikah dengan Ilham Akbar

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca.

Photo :
  • Instagram @zaskiadyamecca

Zaskia Adya mecca pun mengamati bagaimana budaya Indonesia akhirnya membuat sebuah pernikahan terkesan butuh banyak uang. Alhasil, itu menjadikan banyak orang menunda pernikahannya hingga memutuskan tidak mau menikah karena keterbatasan ekonomi.

Potret Pernikahan Ryeowook dan Ari, Jadi Momen Reuni Anggota Lengkap Super Junior

"Orang Indonesia itu kasihan loh buat aku, budaya kita membuat pernikahan itu menjadi sulit dan mahal, tertunda dan menyulitkan," ujar Zaskia Adya Mecca.

Padahal, berdasarkan syariat agama Islam, menikah hanya perlu menyatukan dua orang dalam janji suci pernikahan. Selebihnya, perihal pesta resepsi atau pesta adat bukanlah hal yang wajib dilakukan.

Namun, di beberapa daerah di Indonesia masih punya tradisi yang mengharuskan kedua mempelai melangsungkan acara adat. Di situ lah, persepsi soal pernikahan mahal mulai timbul.

"Jadi gini, budaya dan syariat ketika disatukan, syariat itu sebenarnya simpel banget. Kadang-kadang budaya itu membuatnya jadi sulit," kata Zaskia Adya Mecca.

"Sedangkan yang kita butuhkan syariatnya ini, yang penting sah aja. Ngikutin apa yang Rasulullah lakukan gitu loh. Bahkan Sayyidina Ali ketika menikah juga kan nggak ada apa-apa. Dikasih baju perangnya Rasulullah buat mahar," jelasnya.

Bahkan, tak jarang orang yang hendak melangsungkan pernikahan sampai mencari uang dengan cara berutang. Alih-alih memulai hidup baru dengan tabungan yang mencukupi, mempelai justru kebingungan untuk mengembalikan uang hasil utang untuk acara pernikahan yang mewah.

"Akhirnya banyak orang Indonesia ketika menikah terbebani jadi utang. Padahal, nikah itu memulai hidup baru dari nol sama seseorang. Harusnya kan kita punya modal banyak, tapi modalnya malah habis buat acara satu malam," ungkapnya.

Zaskia Adya Mecca ingin sekali menjadi contoh bagi masyarakat supaya tidak menunda pernikahan karena biaya yang mahal. Berdasarkan pengalaman pribadinya, Zaskia Adya Mecca ingin menunjukkan bahwa menikah dengan modal seadanya pun bisa dilaksanakan.

"Aku pengen mengembalikan dan mengubah karena kalau yang menikah publik figur, orang banyak yang ngelihat. Aku pengen bisa nyontohin ke orang lain bahwa nikah dengan 7,5 juta itu cukup," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya