Konser Musik Ini Siap Menduniakan Gamelan

Reza Artamevia, Addie MS, Riki Putra
Sumber :
  • VIVA/Laras Devi Rachmawati

VIVA – Tak seperti konser musik lainnya yang mengusung jenis musik modern, musisi muda Riki Putra ternyata ingin mengembalikan kecintaan masyarakat terhadap musik asli asal Indonesia. Tak lupa ia juga menggandeng konduktor ternama Addie M.S dan penyanyi senior Reza Artamevia, untuk meramaikan pagelaran musik yang mengambil tema nasionalis, Gamelan Rules.

Pemuda Asal Boyolali Sukses Tekuni Usaha Produksi Gamelan

Konser yang rencananya diadakan pada 21 Juli 2018 di Ciputra Artpreneur Theater ini akan melibatkan 85 musisi Indonesia dan 11 musik gamelan yang didatangkan langsung dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan diadakannya konser musik yang belum pernah ada sebelumnya ini adalah untuk memperlihatkan betapa indah dan hebatnya budaya musik Indonesia melalui alat musik tradisional gamelan. Menurut pelantun lagu Java Dance itu, gamelan memiliki nilai mistis yang sangat berpengaruh yang nantinya akan dipadukan dengan alat musik modern dan orkestra.

Potret Rumah Peninggalan Mbah Maridjan Sekarang Jadi Museum

"Karena saya cinta budaya Indonesia, untuk melestarikan budaya kita sendiri dan nantinya akan kita mainkan juga secara modern," kata Riki.

Addie pun mengungkapkan kekagumannya pada Riki yang mencetuskan ide tersebut pertama kali.

Sambut Hari Dongeng Sedunia, Ada Pentas Wayang Kartun Dibalut Filosofi Makanan Tradisional

"Karena saya diajak oleh seorang musisi muda. Menarik, karena pertama Riki memiliki visi gamelan mendunia yang juga didesain seperti (lagu) anak muda zaman sekarang. Saya kagum," ujarnya saat berada di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Juli 2018.

Reza Artamevia dan Addie M.S ternyata juga sudah mempersiapkan latihan dengan maksimal agar bisa memukau seluruh penonton yang nantinya akan menikmati persembahan lagu-lagunya.

Anak-anak muda Korea berlatih bermain gamelan

Begini Kisah Seorang Pria Yahudi Masuk Islam Gegara Gamelan Indonesia

Aaron, nama samaran yang digunakan, adalah seorang yang dulunya merupakan seorang Yahudi dari New York. Ia memeluk Islam dan menjadi mualaf setelah mengalami ini.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024