Lagu 'Bani Adam' dan Sentuhan Arab di Album Everyday Life Coldplay

Coldplay
Sumber :
  • Coldplay

VIVA – Grup musik asal Inggris Coldplay merilis album baru berjudul 'Everyday life' hari ini Jumat 22 November 2019. Pada album ini Coldplay melakukan terobosan dengan mengusung konsep Arab.

Ghisca Debora Penipu Tiket Coldplay Divonis 3 Tahun Penjara

Hal itu bisa dilihat pada cover album yang juga bertuliskan Bahasa Arab, Alhayatul yaumiyah (Everyday Life), serta video lirik yang dibubuhi dengan tulisan Arab lain, 'Salam wa Hub,' atau damai dan cinta.

Tak hanya cover, band beranggotakan Chris Martin sebagai vokalis utama, Jonny Buckland sebagai gitaris utama, Guy Berryman sebagai bassist, dan Will Champion sebagai drummer ini juga menyisipkan lagu dengan judul bernuansa Arab yaitu 'Bani Adam'.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Dilansir laman Kawanews, lagu tersebut ditulis berdasarkan puisi karya penyair Iran Saadi Shirazi yang dikenal karena pemikirannya tentang tanggung jawab sosial dan moralitas.

Ungkapan 'Bani Adam' adalah sebuah makna yang bergema di dunia Arab. Dalam istilah konkret, judul "Bani Adam" dapat diterjemahkan sebagai "anak-anak Adam" atau lebih umum sebagai "manusia". 

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

Dengan memilih judul ini, Coldplay tampaknya sejalan dengan budaya toleransi yang dianjurkan oleh Uni Emirat Arab dan muslim. 

Grup musik ini juga dikenal karena minatnya yang mendalam pada spiritualitas dan khususnya untuk visi esoteris dan budaya Islam Sufisme. Chris Martin sang vokalis juga beberapa kali lewat wawancaranya di berbagai kesempatan menyebutkan bahwa ajaran yang berkaitan dengan agama sering membantu dirinya menciptakan musik.

Tak hanya nuansa Arab yang kental dalam lagu Bani Adam, Coldplay juga menggelar konser live di Amman, ibukota Yordania kemarin dan hari ini 21-22 November 2019. Konser live mereka ditayangkan lewat live streaming youtube di akun Resminya Coldplay.

Album Everyday Life ini juga akan berbeda dari album kebanyakan. Pada disc pertama akan diberi nama Sunrise dan disc kedua akan diberi nama Sunset.

Dalam bagian Sunrise ada delapan lagu yaitu Sunrise, Church, Trouble in Town, Broken, Daddy, WOTW/POTP, Arabesque, dan When I Need a Friend. Sedangkan pada bagian Sunset ada delapan lagu, yaitu Guns, Orphans, Eko, Cry Cry Cry, Champion of The World, Bani Adam, Old Friends, dan Everyday Life.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya