Ed Sheeran Dituding Jiplak Lagu Milik Marvin Gaye

Ed Sheeran
Sumber :
  • instagram @teddysphotos

VIVA Showbiz – Seorang hakim federal mengatakan penyanyi Ed Sheeran harus menghadapi pengadilan juri. Hal tersebut disebabkan ia dituduh mencuri potongan-potongan lagu Marvin Gaye berjudul Let’s Get It On untuk lagu Thinking Out Loud seperti yang dilansir dari Billboard. 

Optimalkan Peluang Digital, Siswa di Sorong Diperkenalkan Literasi Hak Cipta bagi Kreator

Namun pengacara pihak Sheeran berpendapat bahwa gugatan tersebut tidak valid. Ia menganggap kombinasi elemen sederhana yang diduga dicuri tidak cukup unik untuk dilindungi oleh hak cipta

Di sisi lain, Hakim Louis Stanton pada 29 September waktu setempat menyatakan tidak ada aturan untuk memutuskan pertanyaan semacam itu. Kendati demikian, Sheeran harus membuat argumen di hadapan juri dan rekan-rekannya. 

Momen Ed Sheeran dan Shah Rukh Khan Joget Bollywood Bareng

Ed Sheeran

Photo :
  • instagram @teddysphotos/marksurridge

Keputusan tersebut membawa Sheeran ke meja hijau di Gedung Pengadilan Manhattan. Persidangan akan berlangsung dalam waktu dekat tetapi tanggalnya belum ditentukan. 

Bikin Heboh! Ed Sheeran Pakai Jersey Klub Elkan Baggott Saat Manggung di JIS

Sheeran rupanya telah lama dihantui pertanyaan apakah lagu Thinking Out Loud mengambil terlalu banyak elemen dari Let’s Get It On – yang dirilis pada tahun 1973.

Setelah digugat pada tahun 2018, pengacara Sheeran berpendapat bahwa bagian yang kliennya ambil dari lagu Gaye (berupa progresi akord dan ritme harmonik) terlalu biasa menjadi eksklusif dari satu penulis lagu. 

Penuduh Ed Sheeran mengakui bahwa elemen-elemen tersebut biasa dan tak dapat dilindungi. Tetapi mereka mengungkapkan ketika dua lagu itu digabungkan bersama, mereka menjadi sesuatu yang layak dilindungi hak cipta

Ed Sheeran

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Dalam putusan pada 29 September, Hakim Stanton mengutarakan bahwa argumen perlu diputuskan di persidangan. Dia mengatakan kedua belah pihak telah menghadirkan ahli duel untuk mendukung argumen masing-masing dan hanya juri yang bisa memilah mana yang benar. 

“Tidak ada aturan bahwa kombinasi dua elemen yang tidak dilindungi tidak bisa membentuk sebuah karya asli,” tulis hakim.

“Sebuah karya dapat memiliki hak cipta meskipun itu sepenuhnya merupakan kompliasi dari elemen-elemen yang tak dilindungi.”

Perlindungan hak cipta yang diberikan untuk lagu-lagu semacam itu sangat lemah, tapi Hakim Stanton mengatakan juri mungkin masih menemukan bahwa lagu Ed Sheeran cukup mirip lagu milik Marvin Gaye. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya