Disomasi, Band Kotak Tegaskan Tak Lagi Bawakan Lagu Ciptaan Posan Tobing

Band Kotak
Sumber :
  • VIVA / Diza Liane

JAKARTA – Posan Tobing melakukan somasi dengan melarang band Kotak membawakan lagi lagu-lagu ciptaannya. Tiga personel Kotak pun menanggapi somasi dari mantan drummer Kotak tersebut dengan memberi penegasan atas sikap band terhadap Posan tobing.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Tantri, Chua dan Cella melakukan konferensi pers terkait somasi tersebut dengan didampingi kuasa hukumnya, Sheila A Salomo di kawasan Thamrin, Jakarta. Sebagai vokalis band, Tantri menyebutkan secara tegas bahwa pihaknya sudah tidak lagi membawakan lagu-lagu ciptaan Posan Tobing. Scroll untuk info selengkapnya

"Lagu yang diciptakan beliau (Posan) sudah enggak kami bawakan lagi," ujar Tantri Syalindri, Rabu 26 Juli 2023.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Lebih dalam, Tantri cs mengatakan bahwa Kotak ke depannya akan membawakan lagu yang diciptakan bersama para personelnya. Tantri juga menegaskan bahwa tiap personel Kotak memiliki hak atas lagu yang diciptakan bersama dan dibawakan saat tampil di panggung.

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

"Kami akan tetap membawakan lagu yang diciptakan bersama, karena kami punya hak yang sama di lagu tersebut," imbuh istri Arda Naif itu.

Lebih dalam, vokalis berusia 33 tahun itu mengatakan bahwa bandnya selalu memberi hak royalti dalam kontrak kerjasama untuk setiap penampilan di publik. Menurut Tantri, hal itu juga sebagai bentuk dukungan pada komposer lagu sehingga berniat akan merinci klausul tersebut.

"Perihal performance royalti kami udah memasukan pasal di kontrak kerjasama bahwa pihak kerjasama harus membayarkan LMK dalam hal ini WAMI. Dan setelah ini klausul itu akan kami tajamkan kalau belum dituntaskan kami nggak akan manggung, itu bentuk dukungan kami pada komposer," terangnya

Senada, Chua yang kerap bertindak sebagai bassist menjelaskan bahwa band Kotak sudah tak pernah membawakan lagu ciptaan Posan Tobing sejak tahun 2019 lalu. Setelahnya, lagu milik Julia Angel pun juga sudah sepakat tidak dinyanyikan kembali oleh Band Kotak pada tahun 2022.

"Tapi memang dari 2019 kita udah nggak membawakan ciptaan beliau sendiri, untuk pencipta satu lagi sejak mediasi 2022 kita nggak membawakan (lagu ciptaan Posan Tobing) lagi," imbuhnya.

Posan Tobing

Photo :
  • IG @posantobing

Sebelumnya, masalah hak cipta lagu antara band Kotak dengan mantan personelnya yakni Posan Tobing masih berlanjut. Posan kali ini menegaskan Cella, Tantri, dan Chua untuk tidak membawakan lagu-lagu ciptaannya, baik yang ia ciptakan sendiri maupun bersama-sama.

Dalam somasi terbukanya, Posan Tobing melayangkan 11 gugatan untuk mantan band yang sudah membesarkan namanya itu. Tidak sendirian, Posan Tobing juga menggandeng Julia Angelia atau Pare yang juga merupakan mantan personel Kotak

"Dari 11 poin ini utamanya adalah personel band Kotak, yakni Cella, Chua, dan Tantri dilarang membawakan lagu-lagu yang diciptakan Posan Tobing dan Julia Angelia dalam setiap panggungnya," kata Jerys Napitupulu selaku kuasa hukum Posan Tobing dan Julia Angelia, saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat 7 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya