Pongki Barata Kembali Munculkan Ciri Khasnya di Album POP

Pongki Barata
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Pongki Barata, seorang nama yang telah lama berkibar di pentas musik Indonesia, meluncurkan album terbarunya bertajuk POP. Album ini, yang dirilis pada 17 November 2023 oleh Peanut Butter Limited dan Multimas Production, menandai langkah baru dalam perjalanan musik Pongki yang hampir mencapai tiga dekade. 

Berawal dari Saling Kagum, Yovie Widianto dan Andmesh Rilis Lagu Bareng

POP menghadirkan karya-karya ciptaan Pongki, seperti Aku Peluk Kamu, Pertemuan Kedua, Berartikah Diriku Bagimu, dan Kuat Sendirian, yang semuanya dibungkus dalam nuansa musik synth pop. Scroll lebih lanjut ya.

Pongki mengungkapkan bahwa inspirasi album POP berasal dari kecintaannya pada musik era akhir '80-an dan awal '90-an, yang dipopulerkan oleh musisi seperti Rick Astley, Jason Donovan, dan Milli Vanilli. Album ini dibuat dengan penggunaan synthesizer secara penuh, kecuali untuk lagu bonus instrumental yang menggunakan saksofon. Proses pembuatan album ini dipicu saat Pongki menemukan sebuah demo lama berjudul “Jiwa Hidupku” saat pandemi, yang kemudian dikerjakan bersama Tommy Widodo, co-producer album ini.

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

“Album POP itu dibuat karena ingin kembali merasakan ketika mulai menyenangi musik di era akhir '80-an dan awal '90-an, di zaman Rick Astley, Jason Donovan, Milli Vanilli,” kata Pongki.

Ramai Kabar Artis Cerai, Supri FX Justru Buat Lagu untuk Istrinya

“Album ini dibuat penuh dengan synthesizer 100 persen, kecuali lagu bonus yang instrumental karena menggunakan saksofon,” sambungnya.

Seluruh instrumen dalam album POP dihasilkan dari synthesizer, yang menjadi tantangan tersendiri bagi Pongki yang biasa menggunakan gitar dalam berkarya. Pongki dan Tommy, yang telah bekerja sama sejak 2003, menggarap album ini di studio Pongki di Bali dan studio Tommy di Solo. Album ini juga menampilkan vokal latar Elizabeth Sudira dan saksofon Damez Nababan.

Pongki Barata

Photo :
  • dok pri

Meski berbeda dari karya-karya sebelumnya, album POP tetap menampilkan kekuatan lirik dan melodi khas Pongki. Berbagai genre musik disajikan, mulai dari lagu berirama cepat hingga balada. Selain POP, Pongki juga baru-baru ini bekerja sama dengan band lamanya, Jikustik, dalam merilis album kompilasi rekam/kenang.

Pongki berharap album POP dapat menunjukkan kemampuannya untuk berinovasi dan keluar dari zona nyaman, sebuah hal yang jarang ditemukan di kalangan musisi dengan pengalaman yang setara. Melalui POP, Pongki ingin menantang diri sendiri dan menjaga semangat kreatifnya, sekaligus memberi kejutan bagi para pendengar setianya. Album ini merupakan bukti bahwa Pongki tidak hanya bangga dengan karya-karya lama yang membesarkan namanya, tetapi juga bersemangat untuk terus bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru dalam dunia musik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya