Cara Once Mekel Meningkatkan Apresiasi Terhadap Musik Daerah

Once Mekel
Sumber :
  • IG @oncemekelofficial

JAKARTA – Malam yang meriah terjadi di Auditorium RRI Jakarta pada Kamis, 21 Desember 2023, dengan hadirnya penyanyi terkemuka Once Mekel dalam acara grand final Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara (LCLDN) 2023. Once, yang juga merupakan pengurus bidang Program di DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI), mengungkapkan rasa salutnya terhadap penyelenggaraan LCLDN tahun ini.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Once Mekel, yang dikenal luas melalui kiprahnya di Dewa 19, menekankan pentingnya upaya dalam memelihara tradisi dan budaya Indonesia. Scroll lebih lanjut ya.

Dalam pernyataannya, dia menegaskan, "Harus memperkuat dan merawat tradisi yang ada, karena itu kekuatan kita (Indonesia)." Dia juga mengapresiasi LCLDN 2023 sebagai platform yang membawa banyak manfaat, seperti melestarikan musik daerah, alat musik tradisional, dan bahasa daerah.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Lebih lanjut, Caleg dari PDIP untuk Dapil Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri itu menyatakan dukungannya terhadap musik Indonesia meski tantangan dari musik luar negeri terus mengalir.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

"Musik Indonesia itu di konteks dalam negeri, selalu dicintai, lebih hebat, bisa dinyanyikan," katanya. Terkait para finalis LCLDN 2023, Once memberikan penilaian tinggi, mengaku kebingungan untuk memilih favorit karena semua tampil impresif.

Ketertarikan Once Mekel terhadap lagu-lagu daerah juga semakin terlihat ketika dia berbicara mengenai kemungkinan merilis lagu berbahasa daerah, terinspirasi oleh aransemen musisi seperti Dwiki Darmawan dan Viky Sianipar.

Once Mekel

Photo :
  • ist

LCLDN 2023, yang telah memasuki penyelenggaraannya yang ketujuh, merupakan kolaborasi antara Lembaga Penyiaran Publik RRI, PAPPRI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan lainnya. Lomba ini diikuti oleh 184 peserta dari berbagai penjuru Nusantara. Dari seleksi ketat oleh dewan juri yang terdiri dari Trie Utami, Dr. Helvy Tiana Rosa, Viky Sianipar, Ivan Nestorman, Sundari Sukotjo, Ivan Edbert, dan Dwiki Dharmawan, 12 karya finalis berhasil tampil di malam grand final.

Finalis LCLDN 2023 yang beragam, meliputi Daniel Yohansen Martin dari Sumatera Utara, Ellysa Ramayanti dari Kalimantan Tengah, dan banyak lagi yang mewakili berbagai daerah di Indonesia, menampilkan kekayaan musik nusantara. Freitsna Sopaheluwakan dengan karyanya "Baku Kele" dari Ambon, Maluku, berhasil menjadi juara dalam kompetisi ini, membuktikan keunikan dan kekayaan musik daerah di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya