Tidak Lagi Jadi Vokalis, Bagaiman Hubungan Andre Taulany dengan Stinky?

Andre Taulany
Sumber :
  • IG @andreastaulany

JAKARTA – Nama grup band Stinky saat ini tengah ramai diperbincangkan. Hal itu bermula karena adanya somasi yang dilayangkan oleh Ndhank Surahman Hartono, mantan gitaris Stinky. Dalam unggahan di Instagram, Ndhank melayangkan somasi melarang band Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu Mungkinkah

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Untuk diketahui, Ndhank berkontribusi menciptakan sejumlah lagu selama bergabung dengan Stinky, Mungkinkah dan Jangan Tutup Dirimu. Scroll lebih lanjut ya.

Irwan Batara selaku basist band Stinky merespons somasi tersebut. Ia menjelaskan bahwa lagu Mungkinkah diciptakan oleh dua orang, dirinya dan juga Ndhank. Selain itu, pihak Stinky juga sudah membayar royalti kepada Ndhank.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

"Dari segi legal atau hukum ini lagu mungkinkah itu diciptakan oleh dua orang, Irwan dan Ndhank. Kenapa kita masih tetap membawakan lagu Mungkinkah karena lagu itu secara legal terdaftar di publisher atau lembaga kolektif royalti seperti KCI atau Wami terdaftar atas dua nama," kata Irwan di kawasan Bintaro, Tangerang Selatang, Selasa, 2 Januari 2023. 

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

"Kecuali kalau lagu Ndhank it's oke, kita tidak akan membawakan. Tapi kan itu lagu Ndhank dan Irwan," tambahnya.

Sebagai informasi, Andre Taulany juga merupakan mantan vokalis Stinky. Band Stinky debut di pada tahun 1992 dengan vokalis saat itu adalah Andre Taulany. Lalu, pada tahun 2008, Andre memutuskan hengkang dari Stinky. Saat ini, band Stinky masih eksis di dunia musik Tanah Air dengan nama Stinky Reborn. Menggantikan Andre, Stinky Reborn kini memiliki dua vokalis bernama Ferdy dan Rendra.

Andre juga menjadi sasaran somasi tersebut. Dalam kesempatan itu, Irwan mengungkap respons Andre Taulany yang tampaknya menanggapi santai dan tidak mau ambil pusing dengan adanya somasi itu.

Stinky Reborn

Photo :
  • IG @rendraa.stinky

"Andre mah becanda aja dia, bodo amat katanya gitu," kata Irwan.

Diungkap Irwan, meski saat ini Andre sudah tidak jadi vokalis Stinky lagi, namun hubungan mereka masih terjalin baik. Bahkan, Irwan dan Andre masih tetap berkomunikasi dan saling becanda.

"Baik kalau sama Andre, setiap hari bercanda. Kita kan punya grup," kata Irwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya