Andre Taulany dan Stinky Disomasi, Dilarang Nyanyi Lagu Mungkinkah

Andre Taulany.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Ndhank Surahman Hartono yang merupakan mantan gitaris band Stinky secara mendadak mengeluarkan somasi terhadap mantan bandnya, termasuk sang vokalis Andre Taulany supaya tidak membawakan lagu-lagu ciptaannya.

Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Selama bergabung dengan Stinky, Ndhank berkontribusi menciptakan sejumlah lagu yang populer seperti Mungkinkah dan Jangan Tutup Dirimu. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Lewat unggahan di akun Instagram, Ndank Surahman Hartono menyampaikan pesan terbuka kepada Andre Taulany dan band Stinky agar tak membawakan lagu-lagu ciptaannya lagi di atas panggung.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

"Selamat sore saya Ndhank Surahman Hartono hari ini tanggal 30 Desember 2023 saya membuat video pelarangan terbuka atau somasi untuk diketahui banyak pihak bahwa mulai hari ini saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya saya seperti 'Mungkinkah', 'Jangan Tutup Dirimu' dan lain-lain", ujar Ndhank, dikutip Senin 1 Januari 2024.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Dalam pernyataannya tersebut, Ndhank melarang Andre Taulany dan Stinky menyanyikan lagu ciptaannya sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Keputusan ini ia ambil karena merasa punya hak eksklusif sebagai pencipta lagu, seperti yang tertuang dalam UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014.

Sementara itu, lagu yang berjudul Mungkinkah sebenarnya tidak diciptakan oleh Ndhank seorang diri. Ada campur tangan dari bassist Stinky, Irwan Batara, yang juga ikut menulis beberapa bait lirik. Untuk itu, Ndhank hanya mengizinkan Irwan Batara membawakan bagian lagu yang ia ciptakan tanpa melebih batasnya.

"Jika saudara Irwan Batara sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu 'Mungkinkah' silakan membawakan sesuai dengan partnya, yang berada pada ending lagu, yang isinya kau 'ku sayang selalu ku jaga, bla, bla, bla'," jelasnya.

Bersamaan dengan somasi terbuka ini, Ndhank mengutarakan niatnya untuk membuat laporan polisi bersama sang pengacara. Mengingat ada banyak acara musik yang sudah terlanjur menampilkan lagu ciptaannya atas nama Stinky, Ndhank memilih untuk menempuh jalur hukum.

"Untuk diketahui banyak pihak terutama penyelenggaraan event dan lain-lain. Setelah video somasi ini saya buat dan saya tayangkan, saya dan kuasa hukum saya akan lanjut melaporkan pelarangan penggunaan lagu-lagu karya saya oleh Stinky dan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya,” tutur Ndhank Surahman.

Andre Taulany sendiri merupakan vokalis pertama Stinky pada tahun 1992 hingga 2007. Kemudian, ia hengkang dari grup tersebut dan sempat digantikan oleh Ari Zaldyan dan Dona Amelia. Sementara itu, lagu Mungkinkah sempat populer di tahun 1997 hingga 2000-an. Ini merupakan lagu debut mereka yang bergenre pop melayu.

Kini, personel Stinky yang masih bertahan di antaranya adalah Irwan Batara, Edy Suryo Triputranto, Helman Maulana, dan Rendra Marta Wijaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya