Kepopuleran Musik dari Afrika, Afrobets Meningkat di Tangga Lagu Global Berkat TikTok

Tyla
Sumber :
  • Pitchfork

VIVA – Afrobeats adalah genre musik yang berkembang di Afrika Barat, terutama di Ghana dan Nigeria, meskipun istilah ini biasanya digunakan untuk merujuk pada berbagai gaya musik Afrika. Ketukan dari perkusi yang dipadukan dengan suara dari jazz, R&B, rap, dan genre juga memiliki potensi besar, menurut kepala musik global TikTok.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Tyla memenangkan Grammy Award 2024 untuk kategori Best African Music Performance atau penampilan musik Afrika terbaik untuk lagunya yang berjudul Water.

Hadiah tersebut mencerminkan semakin populernya Afrobeats, dan musik lain dari benua ini, yang memperoleh audiens global dengan bantuan dari platform media sosial seperti aplikasi video pendek TikTok.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Tyla

Photo :
  • CBS News

Di Spotify, musik Afrobeat diputar 13,5 miliar kali pada tahun 2022, naik dari 2 miliar kali pada tahun 2017. Dalam tonggak sejarah lainnya, penyanyi Nigeria Burna Boy menjadi artis Afrika pertama yang menjual habis stadion AS ketika ia bermain di Citi Field, New York, musim panas lalu.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Dilansir dari VOA, Selasa, 6 Februari 2024, Seorang eksekutif TikTok di Afrika Selatan menyadari Tyla mendapatkan perhatian di pasar lokalnya pada tahun 2020, dan menghubunginya dengan memberikan tips tentang cara memaksimalkan kehadirannya di aplikasi, Lagu Water dengan diiringi menari sebuah contoh genre yang dikenal sebagai amapiano, suara yang mengandung jazz dan piano

Water dirilis pada Juli 2023, setelah Tyla menandatangani kontrak dengan 6758.T Epic Records milik Sony Music Entertainment. Pada bulan September, pengguna TikTok meniru gerakan tarian Tyla di #WaterChallenge. Hingga saat ini, 1,5 juta video telah dibuat menggunakan lagu tersebut, dan tagar #WaterChallenge telah dilihat 1,8 miliar kali.

“Saya rasa TikTok tidak hanya berperan sebagai inkubator, namun juga sebagai distributor bagi lebih dari satu miliar pengguna global, dan ini benar-benar berhasil,” kata Ole Obermann, kepala musik global di TikTok.

Kesuksesan Tyla menggambarkan kekuatan TikTok dan YouTube dalam membantu artis menemukan basis penggemar di seluruh dunia, peran yang dulunya hanya dimiliki oleh label musik.

“Proliferasi streaming bersama dengan platform media sosial baru (misalnya TikTok) telah mempercepat penemuan artis, dan menyediakan media baru bagi artis untuk mengembangkan basis penggemar mereka secara global,” kata analis Bank of America Securities, Jessica Reif Cohen dalam catatan penelitiannya yang memprediksi media. tren untuk tahun 2024.

TikTok masih kontroversial di Amerika Serikat karena kepemilikannya oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance, yang dianggap oleh para kritikus sebagai risiko keamanan. Pemerintahan Biden telah melarang aplikasi tersebut di perangkat pemerintah AS. Pejabat TikTok mengatakan mereka memiliki perlindungan yang ketat dan menolak tuduhan memata-matai data pengguna.

Aplikasi ini juga sedang berselisih dengan Universal Music GroupUMG.AS mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk penggunaan lagu-lagu dari Taylor Swift, Billie Eilish, dan lainnya. Musik dari banyak artis Universal tidak tersedia di TikTok pada hari Jumat.

Bagi remaja AS, TikTok menempati peringkat kedua sebagai sumber penemuan musik paling umum setelah YouTube, menurut survei MIDiA Research baru-baru ini yang menunjukkan 45% anak usia 16 hingga 19 tahun menemukan musik baru melalui platform tersebut.

Artis Afrobeat lain yang mendapatkan penonton di TikTok termasuk rapper Nigeria Rema. Dia berkolaborasi dengan Selena Gomez untuk remix lagunya Calm Down, yang mencapai No. 3 di Billboard Hot 100 dan memenangkan penghargaan untuk Afrobeat terbaik di MTV's Video Music Awards September lalu.

TikTok membantu menjalin hubungan baru antara artis Amerika dan Afrika. Obermann mengatakan dia memainkan klip pendek lagu berjudul Ojapiano dari musisi Nigeria KCee untuk Ryan Tedder, seorang penulis lagu dan penyanyi utama untuk band OneRepublic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya