Konser Musik Sebagai Magnet Wisata, Evaluasi Hasil Diskusi PWI dan Kemendikbud

Diskusi Kemendikbud dan PWI
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – PWI Pusat Departemen Seni Musik dan Film bekerjasama dengan Apresiasi Musik Direktorat Perfilman Musik dan Media (PMM) Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI telah menyelenggarakan sebuah diskusi yang bertajuk "Bisnis Konser Musik dan Cuan untuk Negara" di Hotel Harris, Sudirman, Jakarta Selatan, pada Jumat, 22 Maret 2024.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Diskusi ini dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, serta dihadiri oleh Kepala Apresiasi Musik Direktorat PMM Dirjen Kebudayaan, Edi Irawan. Hendry Ch Bangun menyatakan apresiasinya terhadap diskusi tersebut, mengharapkan bahwa hasilnya dapat memberikan solusi yang berarti bagi perkembangan industri musik Tanah Air. Ia mengambil contoh kesuksesan konser Taylor Swift di Singapura yang mampu menggerakkan perekonomian negara tersebut. Scroll lebih lanjut ya.

"Temanya menarik, “Bisnis Konser Musik dan Cuan untuk Negara”. Ini merujuk dengan kesuksesan Konser Taylor Swift yang mendatangkan ekonomi besar untuk Singapura beberapa waktu lalu. Dari diskusi ini kita harapkan menghasilkan rumusan terbaik untuk nantinya bisa untuk dikomunikasikan lebih lanjut antara promotor musik dengan pemerintah," kata Hendry.

Mantan Taylor Swift Matty Healy Buka Suara Soal Album Terbaru The Tortured Poets Department

Edi Irawan dari Kemendikbud menambahkan bahwa hasil dari diskusi ini akan menjadi masukan penting bagi pihaknya untuk pembahasan selanjutnya.

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

"Diskusi dengan teman-teman wartawan dan juga para pelaku di industi music dalam hal ini promotor, tentunya banyak masukan-masukan apa saja yang belum kami lakukan untuk nantinya bisa ditambahkan dan dirumuskan bersama-sama. Saya kira diskusi ini sangat baik sekali," ujar Edi Irawan.

Diskusi tersebut dihadiri oleh para pembicara utama seperti CEO Deteksi Production, Harry Koko Santoso, dan Country Director ONErpm di Indonesia, Aldo Sianturi. Menurut Harry Koko, konser musik memiliki daya tarik yang besar di mana pun diselenggarakan. Ia mencontohkan konser di udara seperti yang dilakukan oleh Virgin Air lines yang berhasil menarik perhatian banyak orang.

Aldo Sianturi menekankan pentingnya peran pemerintah dalam mendukung industri musik di Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi lebih unggul dibandingkan Singapura dalam hal penyelenggaraan konser, namun dibutuhkan dukungan penuh dari pemerintah.

Taylor Swift

Photo :
  • X @taylorswift13

Dalam merangkum hasil kedua diskusi, Ketua Simufil PWI Pusat, Benny Benke, menekankan pentingnya peran pemerintah dalam mengembangkan industri musik di Tanah Air.

"Kerjasama dan dukungan besar pemerintah terhadap sebuah konser dalam negeri sangat penting sekali. Apa yang disampaikan narasumber diatas, merupakan masukan penting agar kedepannya kita bisa lebih besar lagi menggelar konser-konser dunia di Tanah Air dan konser musisi dalam negeri untuk bangkitkan ekonomi bangsa melalui pergelaran music. Kita bisa cuan seperti Singapura dengan Taylor Swiftnya," ujar Benny Benke.

Ia juga menegaskan bahwa ini bukanlah akhir dari diskusi semacam ini dan akan terus dilakukan diskusi-diskusi serupa di masa mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya