Ini Penjelasan Soal Izin Konser Dream Theater di Prambanan

Aksi Dream Theater di Ancol, Jakarta, beberapa waktu silam.
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Konser Dream Theater dipastikan digelar di kawasan Candi Prambanan. Prambanan merupakan salah satu warisan peninggalan budaya dunia yang diakui oleh Unesco.

Rilis Lagu Baru, Dewa 19 Gaet Eks Member Dream Theater dan Toto

Konser band rock progresif ini akan berlangsung pada 29 September 2017, dengan dua panggung dan sound yang cukup menggelegar suaranya. Kerasnya sound dari dua panggung tersebut dikhawatirkan akan merusak struktur bangunan candi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah tersebut.

Menanggapi kemungkinan rusaknya struktur bangunan candi akibat getaran dari sound system, Pejabat Pelaksana Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Ari Setyastuti mengatakan pemberian ijin penggunaan fasilitas di kawasan Candi Prambanan ada di tangan Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya di Jakarta dan bukan di BPCB DIY.

Larut Dalam Entakan Musik Metal Dream Theater di Kampung Jokowi

"Karena Candi Prambanan warisan budaya dunia, maka izinnya di Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya di Jakarta, bukan pada kami (BPCW DIY). Izin dari kita hanya untuk candi-candi yang kecil," katanya, Jumat 15 September 2017.

Menurutnya, ketika Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya (WDB) mengeluarkan izin konser maka sudah melakukan perhitungan secara teliti dampak dari sound dengan puluhan ribu watt terhadap struktur candi.

Demi Konser Dream Theater, Dishub Solo Siapkan Kantong Parkir

"Hitungan angkanya ada di WDB, saya tidak punya angka-angkanya. Namun, yang jelas panggung, atau sound tidak menghadap ke candi," ujarnya.

Kewenangan dari BPCB DIY, kata Ari, yaitu memastikan penonton tidak masuk dalam kawasan candi, karena ada batas-batasnya yang harus ditaati oleh penonton.

"Kewenangan kita hanya itu saja. Tidak terkait masalah perizinannya," ungkapnya.

Ari pun berharap, jika media ingin menelusuri keluarnya izin bisa menelpon Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya di Jakarta.

"Biar tidak simpang siur, silahkan cari informasi di bagian perizinan Direktorat Diplomasi dan Warisan Budaya saja," ungkapnya.

Sementara itu, Dewi Krisnawati, Kasubdiv Humas dan Protokol, PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Candi Ratu Boko memastikan konser Dream Theater akan berlangsung di kawasan candi Prambanan pada 29 September 2017.

"Iya konser digelar di kawasan Candi Prambanan. Namun, teknis tata panggung dan sound bukan kewenangan kita," katanya singkat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya