Komik Pahlawan Indonesia Juga Bisa Mendunia

Is Yuniarto
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

VIVA – Saat ini, banyak komik-komik luar negeri yang masuk ke Indonesia dan menjadi sangat terkenal. Sebut saja, komik yang datang dari negara Jepang dan juga Amerika.

Kiesha Alvaro Bintangi Film Siksa Neraka, Diadaptasi dari Komik Populer Tahun 1980an

Sementara komik dari luar negeri makin banyak, Indonesia juga punya komik khususnya yang bertema pahlawan yang tidak kalah menarik, seperti komik Gundala dan Si Buta dari Gua Hantu.

Is Yuniarto selaku Manajer BumiLangit Komik mengatakan bahwa pihaknya selaku yang memproduksi komik-komik pahlawan Indonesia tidak gusar dengan gempuran komik asing. Karena menurutnya komik Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang beda dari komik asing, khususnya dalam hal bela diri.

Serial Bandelnya Judith, Adaptasi dari Komik Remaja Masa Kini Bakal Tayang Akhir November

“BumiLangit sendiri memilki pendekar dan adisatria. Pendekar ini memiliki ciri ke Indonesiaan yang asal-usulnya secara bela diri dan silat yang dekat dengan Indonesia yang tidak dimilki oleh luar negeri,” kata Is di Mal Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu, 23 Januari 2019.

Kemudian Is juga menjelaskan bahwa Indonesia punya banyak sumber daya, khususnya para seniman hebat. Kemampuan menulis cerita yang dekat dengan keseharian masyarakat menjadi daya tarik tersendiri komik-komik pahlawan Indonesia, produksi BumiLangit Komik.

Dibagikan Gratis, Komik Moderasi Beragama ‘ModerArt’ Kemenag Bakal Dicetak Ulang

“Indonesia punya banyak sumber daya. Kita mengandalakan kemampuan menulis yang lebih dekat dengan kita (masyarakat), dan kita sudah tahu karakter pembaca kita seperti apa,” ucap Is.

Meski begitu, Is juga tetap berharap bahwa komik-komik pahlawan Indonesia tersebut dapat tetap dibaca dan relevan untuk penikmat komik Indonesia dari luar negeri.

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Comicone.id merupakan platform komik digital yang telah secara resmi diluncurkan pada Jumat, 1 Maret 2024. Kemenparekraf dukung penuh inovasi terbaru ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024