Geger Chibi Maruko-chan Versi Dewasa Jadi Pecandu Narkoba, Komikus Minta Maaf

Chibi Maruko-chan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Dunia manga Jepang tengah dihebohkan dengan kehadiran manga doujinshi (komik yang diterbitkan sendiri) yang memuat Chibi Maruko-chan versi dewasa sebagai pecandu narkoba. Pembaca setia komik Jepang pun marah sampai memboikot manga tersebut.

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Manga Chibi Maruko-chan yang menampilkan subyek kontroversial penyalahgunaan narkoba telah menimbulkan kehebohan di media sosial. Penciptanya Gachi Muchi Pants yang juga seorang komikus dan YouTuber akhirnya meminta maaf.

Chibi Maruko-chan

Photo :
  • Istimewa
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Dalam beberapa cuitan di Twitter, dia mengaku telah menghapus karya kreatif penggemar tersebut.

"Saya telah menerima peringatan dari pihak resmi dan meminta maaf atas konten yang berlebihan," cuitnya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Manga doujinshi yang berjudul Shabu Maruko-chan itu terbilang kontroversial. Kata 'shabu' dalam bahasa gaul Jepang berarti obat perangsang terlarang.

Dilihat dari cuitan yang sekarang sudah dihapus, manganya mengikuti kisah tentang Maruko dewasa yang kecanduan narkoba. Penjual narkobanya adalah mantan teman sekelasnya.

Para penggemar komikus Gachi Muchi Pants pun terbelah. Sebagian besar berpendapat ide di balik manga itu menghibur dan penuh dengan komedi namun pembaca lainnya ada juga yang mengatakan wajar jika ceritanya mendistorsi seri aslinya.

Manga asli Chibi Maruko-chan menginspirasi serial anime televisi yang menempati posisi teratas selain Detective Conan hingga One Piece. Serial anime pertama berlangsung sejak 1990 sampai 1992, dan seri kedua hingga 1995.

Chibi Maruko-chan

Photo :
  • Istimewa

Pencipta manga Chibi Maruko-chan meninggal dunia karena kanker payudara di usia yang menginjak 53 tahun pada Agustus 2018.

Dia awalnya membuat manga Chibi Maruko-chan di Majalah Ribon milik penerbit Shueisha pada 1986 hingga 1996. Manga komedi yang mengikuti kehidupan sehari-sehari seorang siswi kelas 3 SD itu sukses dijual sekitar 32 juta eksemplar.

Sepeninggal sang komikus, manga Chibi Maruko-chan diterbitkan oleh Sakura Production yang dikelola oleh asisten lama Sakura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya