Viva.co.id: Berita Hari Ini Terbaru Terkini dan Terpopuler

img_title

Mitha The Virgin

seniman
2 Januari 1986
s/d
Sekarang
img_title img_title
Dari satu panggung ke panggung musik indie membawa Mitha ke industri musik profesional. Bersama grup The Virgin, ia mendapatkan popularitasnya di kancah musik Indonesia.

Wanita berpenampilan tomboy ini bertransformasi dari personel The Rock Indonesia menjadi pentolan duo Virgin. Lagu ciptaannya yang dibawakan duo Virgin mengibarkan nama Mitha menjadi pendatang baru di dunia musik Indonesia.

Sejak kecil, Mitha, nama populernya, sudah terjun dalam bidang musik. Mitha piawai memainkan gitar dan menggubah lagu di sela-sela waktunya. Beranjak remaja, Mitha menimba pengalaman dari satu panggung ke panggung musik indie.

Dia mengaku rajin turut serta pada pagelaran musik indie di Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Bakatnya kemudian ditemukan Manajemen Artis Republik Cinta (RMCA) milik Ahmad Dhani. Dhani lalu merekrut Mitha menjadi gitaris di The Rock Indonesia pada 2008.

Selain bermain alat musik dalam berbagai konser dan panggung The Rock Indonesia, Mitha meneruskan hobinya menulis lagu. Sekitar Juni 2009, bos Manajemen Republik Cinta, Ahmad Dhani tanpa sengaja mendengar lagu hasil ciptaannya.

Dhani tertarik atas lagu ciptaan Mitha dan mengajaknya rekaman album. Dhani berjanji akan menduetkannya dengan satu penyanyi baru.

Mitha bergabung bersama pemenang dalam ajang pencarian bakat di sebuah stasiun televisi swasta, Dara Rizki Ruhiana dalam duo The Virgin. Duet Dara-Mitha menelurkan single dengan titel Cinta Terlarang.

Lagu yang berkisah tentang cinta segi empat antara Dara dengan seorang pria yang merupakan kakak iparnya dan Mitha yang juga menyukai Dara. Kisah kompleks yang melibatkan percintaan sesama jenis ini mendapat perhatian pasar musik Indonesia dan kontan membuat duet ini beken.

Single perdana mereka masuk dengan mulus dalam jajaran lagu-lagu paling populer di Indonesia. Gebrakan duo Virgin berlanjut. Pada 11 Juni 2009, mereka bersama delapan band pendatang baru merilis album kompilasi bertajuk New Beginning 09 termasuk single Cinta Terlarang. Album kompilasi meraih perhatian besar dari penikmat musik Indonesia.

Meski baru mengeluarkan satu single, The Virgin berhasil membuktikan kualitas sebagai pendatang baru. Mereka memenangkan 2 dari 3 nominasi Inbox Award untuk kategori Pendatang Baru Paling Direquest dan Video Klip Terlama di Posisi 1.

Sukses The Virgin membawa mereka menggelar tur pertama mereka di 16 kota di Jawa dan Sumatera. Album perdana The Virgin sendiri masih dalam proses penggarapan dan siap diluncurkan.

The Virgin memang tergolong band baru. Tetapi aksi kerusuhan sempat menodai tur The Virgin. pada konser di Kediri awal Desember 2009. Insiden dipicu sekelompok remaja yang saling bersenggolan memicu perkelahian.

Kepolisian sempat mencegah namun aksi penonton tak dapat dihindari lagi. Memasuki lagu ketiga The Virgin, keributan kembali pecah. Konser pun dihentikan setelah The Virgin membawakan delapan lagu

Selain berduet dengan Dara, Mitha juga menyanyi bersama Mulan Jameela lewat single Cinta Mati II yang dirilis Juni 2009. Lagu ini mengisahkan tentang bagaimana seseorang harus menjaga dan mencintai kekasihnya. Menurut Mulan yang berduet dengan Mitha, jika seseorang mencintai dengan sungguh-sungguh, sebuah keharusan menjaga orang itu selamanya.

Lirik dalam lagu Cinta Mati II digambarkan sangat gamblang memotret kehidupan keseharian yang terlihat dalam video klipnya. Kesuksesan kembali merengkuh album duet ini. Namun kabarnya, lagu yang lahir dari ciptaan dan aransemen Ahmad Dhani merupakan bentuk sindiran kepada Maia Estianty. Namun, Mitha dan Mulan tak menanggapi. Bagi mereka, lirik lagu Cinta Mati II unik dan belum pernah ada sebelumnya.

Setelah sukses dengan album kompilasi, The Virgin kembali merilis album baru. Di Album selanjutnya, aroma musik rock di The Virgin akan semakin kental. Mitha yang lama bergelut dalam musik rock disebut sebagai motor penggerak album baru yang akan dirilis tahun 2010.

Mitha dan Dara mengaku penggarapan album baru The Virgin sudah siap. Keduanya mengaku hanya tinggal menerima perintah Ahmad Dhani untuk merekam semua materi lagu. Pada tahun 2011 Album baru bertajuk Yes I Am pun rilis.

Selanjutnya, pada tahun 2014 mereka kembali merilis album Positive Negatif. Pada album ini, Mitha dan Dara berusaha mengenyahkan image mellow yang terlanjur melekat pada mereka.

Meskipun grup duo ini masih seumur jagung, kedua personelnya mulai merasakan hasil kerja keras mereka. Mitha dan Dara bisa memiliki kendaraan sendiri. Mitha bahkan bercita-cita menghadiahi ibunya sebuah rumah yang layak.

Sukses membawa grup duonya dalam jajaran artis laris, Mitha dibayang-bayangi gosip soal kehidupan pribadinya. Isu yang berseliweran di sekitar Mitha menuduh gadis bertindik ini sebagai lesbian.  Kabar mengenai duo Virgin yang lesbian dengan tegas dibantah keduanya. mereka mengaku hanya menjalankan peran dalam video klip saja.

Mitha menampik dan mengaku masih menyukai lawan jenis meskipun dirinya tomboy. Alasannya berdandan ala laki-laki menurut Mitha tak lain karena dirinya ingin melindungi keluarga. Maklum, Mitha dan ibundanya tidak lagi didampingi sosok ayah sejak dalam kandungan.

Setelah ia ngetop sebagai artis, ada seorang pria yang mengaku sebagai ayah yang meninggalkan Mitha dan ibunya, namun tak ditanggapi keluarga Mitha.

Dari SMP sampai SMA, Mitha lebih banyak bergaul dengan teman laki-laki. Selain bergitar, Mitha ternyata sangat suka menggocek bola bersama teman-temannya. Gadis yang juga sempat berpenampilan feminin ini mengaku pernah berkelahi dan memukul teman lelaki sepermainannya.

Di balik tubuh tomboy-nya, Mitha mengaku memiliki hati yang halus dan mencintai keluarganya. Sebab itu, ia mendambakan sesosok pria dengan penampilan yang lebih macho darinya. Soal penampilan tomboy-nya, Manajemen Republik Cinta tidak pernah memprotes asalkan dia memenuhi kewajibannya.

Sempat vakum setahun lebih dengan The Virgin, Mitha dikabarkan membentuk side project bernama dengan format duo juga bersama DJ Citra. Projek baru ini diberi nama Black Champagne.

Warganet sempat mempertanyakan nasib The Virgin apakah bubar atau tidak. Namun, Mitha menegaskan kalau The Virgin masih hidup. Perbedaan dari kedua duo tersebut adalah pada aliran musiknya. Black Champagne lebih mengarah ke music elektronik khas DJ. (LP/AC/DN) (Photo: Instagram/Mitha)

   
KELUARGA     
Orang tua              : Emmy Sofyana


KARIER
Diskografi
New Beginning 09 (2009), Bersama The Virgin
Cinta Mati (2009) - Mulan Jameela featuring Mitha The Virgin
Bebi Romeo Various Artists (Selamat Jalan Kekasih) (2011)
Yes I Am! (2011), Bersama The Virgin
Positive Negative (2014), Bersama The Virgin

Filmografi
Penganten Sunat (2010)
Kok Putusin Gue (2015)

FTV
Cinta Terlarang (2011)
Love 1/2 Mati (2012)
Demi Nama Cinta (2012)
Belahan Jiwa (2012)
Sayangku Disini (2012)
100 Hati buat Zaki (2012)

PENGHARGAAN
Inbox Awards, Video Klip Nomor Satu Terlama (2009)
Inbox Awards, Pendatang Baru Paling Banyak Direquest (2009)
SCTV Music Awards, Gitaris Terfavorit (2010)
SCTV Music Awards, Pendatang Baru Duo/Group Terfavorit (2010)
Dahsyatnya Awards, Duo/Group Terdahsyat (2010)
Nagaswara Music Awards, Group Vokal/Duo/Trio Pendatang Baru Terbaik 2010
Nagaswara Music Awards, The Best Video Clip "Demi Nama Cinta" (2011)
Sahabat Music Award, Most Favorite Girls Group (2011)
SCTV Music Awards, Gitaris Terfavorit (2012)

Berita Terkait
10 Tahun Eksis, The Virgin Bersyukur Masih Banyak Penggemar Setia

10 Tahun Eksis, The Virgin Bersyukur Masih Banyak Penggemar Setia

Gosip

30 Agustus 2020
Pekerjaan Batal karena COVID-19, Mitha The Virgin Kuras Tabungan

Pekerjaan Batal karena COVID-19, Mitha The Virgin Kuras Tabungan

Gosip

2 April 2020
Citra Black Champagne Sempat Diserang, Dianggap Pemecah The Virgin

Citra Black Champagne Sempat Diserang, Dianggap Pemecah The Virgin

Musik

17 Januari 2020
Lama Tak Muncul, Black Champagne: Fans Enggak Mungkin Lupa Sama Kita

Lama Tak Muncul, Black Champagne: Fans Enggak Mungkin Lupa Sama Kita

Musik

17 Januari 2020
Mitha The Virgin Keluar dari Manajemen Ahmad Dhani, Karena Bangkrut?

Mitha The Virgin Keluar dari Manajemen Ahmad Dhani, Karena Bangkrut?

Gosip

10 September 2019
Ternyata Mitha The Virgin Takut Jarum Suntik

Ternyata Mitha The Virgin Takut Jarum Suntik

Gosip

25 Oktober 2018
Ditanya Keinginan Main Futsal, Ini Jawaban AQJ

Ditanya Keinginan Main Futsal, Ini Jawaban AQJ

Arsip

18 September 2013
Mitha 'The Virgin' Terlibat Perkelahian Hingga Luka

Mitha 'The Virgin' Terlibat Perkelahian Hingga Luka

Arsip

3 Januari 2013
Ulang Tahun, Mitha 'The Virgin' Cari Pacar

Ulang Tahun, Mitha 'The Virgin' Cari Pacar

Arsip

2 Januari 2013
Kriteria Pasangan Mitha dan Dara 'The Virgin'

Kriteria Pasangan Mitha dan Dara 'The Virgin'

Arsip

19 November 2012
Usia 26, Mitha 'The Virgin' Ingin Dapat Jodoh

Usia 26, Mitha 'The Virgin' Ingin Dapat Jodoh

Showbiz

2 Januari 2012
Share :