Logo DW

Waspada Ancaman DBD di Tengah Pandemi Covid-19

Imago Images/Fotoarena
Imago Images/Fotoarena
Sumber :
  • dw

Kementerian Kesehatan RI mencatat terdapat 68 ribu kasus demam berdarah (DBD) tersebar di 460 kabupaten/kota seluruh wilayah Indonesia. Dalam konferensi pers yang disiarkan langsung akun YouTube BNPB pada Senin (22/06), Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengungkapkan fase demam berdarah tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Nadia menyebut puncak demam berdarah biasanya terjadi pada Maret, namun tahun ini tambahan kasus masih terus terjadi hingga Juni.

"Jadi kalau kita lihat DBD puncak kasusnya setiap tahun selalu terjadi bulan Maret. Satu hal yang berbeda tentunya pada tahun ini adalah kami melihat penambahan kasusnya sampai di bulan Juni, kami masih temukan penambahan kasus yang cukup banyak. Artinya, angka ini adalah sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kita melihat bahwa sampai saat ini kita masih temukan 100-500 kasus per hari," ujarnya.

Demam berdarah merupakan penyakit pada manusia yang disebabkan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Kasus pertama demam berdarah di Indonesia ditemukan pada tahun 1968.

Perubahan iklim

Kepada DW Indonesia, dokter spesialis infeksi dan penyakit tropik dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Erni Juwita Nelwan, SpPD-KPTI, mengatakan perlu ada upaya berkesinambungan dalam mencegah penyebaran penyakit demam berdarah, antara lain dengan memberantas sarang nyamuk serta menjaga kebersihan di sekitar tempat tinggal.

“Bukan karena kita terpaku pada Covid-19 lalu kita jadi abai pada yang lain. Perhatian terhadap demam berdarah harus terus diingatkan bahwa ini adalah upaya yang harus terus-menerus dikerjakan,” ujar Erni saat dihubungi DW Indonesia di Jakarta, Senin (22/06) siang.

Faktor cuaca dinilai turut berpengaruh dalam meningkatnya kasus demam berdarah di Indonesia. Faktor tersebut dapat mempercepat siklus hidup nyamuk Aedes aegypti mulai dari telur, larva, pupa, hingga menjadi nyamuk dewasa yang biasanya selesai dalam waktu 10 hingga 20 hari.