Gagarin Siap Pertahankan Gelar Renang di SEA Games 2019

Gagarin 200 M gaya dada
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Cabang olahraga renang akan tampil di SEA Games 2019 Filipina pada hari ini, Rabu 4 Desember 2019 di New Clark Aquatic Centre. Sembilan atlet Indonesia akan diturunkan untuk berjuang dalam mendapatkan medali emas, salah satunya perenang gaya dada Gagarin Nathaniel Yus.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Pada SEA Games 2017 lalu, pria yang kerap disapa Gagarin ini berhasil membawa medali emas untuk Indonesia di nomor 100 meter gaya dada, dengan catatan waktu satu menit 01,76 detik. Gagarin sendiri tampil percaya diri menjelang pertandingan.

"Di SEA Games 2017, saya berhasil merebutnya. Mempertahankan medali memang lebih sulit. Saya akan berusaha keras, dan mohon doa yang terbaik untuk bisa mempersembahkan emas," ujarnya di Jakarta.

4 Siswa MTsN 3 Malang Buktikan Kualitas dengan Raih Medali Emas di Rumania

Sebagai pelatih tim nasional rerang, Albert Sutanto menjekaskan, akan ada kejutan dari tim renang di nomor 100 meter gaya punggung. Ada dua perenang yang turun, yakni I Gede Siman Sudartawa dan perenang muda berusia 17 tahun, Farrel Armandio Tangkas.

"Siman saat ini berada di peringkat tiga ASEAN, dan nomor dua waktu SEA Games 2017. Dengan persiapan tiga bulan di Amerika Serikat, semoga saja bisa memberikan kejutan. Apa pun bisa terjadi. Nomor andalan Siman bukan 100 meter, tapi 50 meter gaya punggung," tutur Albert.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Wakil ketum PB PRSI, Harlin Rahardjo menyebutkan, beberapa perenang memiliki peluang untuk meraih medali di nomor unggulannya masing-masing. Seperti perenang muda Azzahra Permatahani, yang akan turun di nomor andalannya, yakni 200 meter gaya ganti. 

"Ini salah satu nomor andalan Azzahra, semoga saja ada kejutan yang terjadi," jelas Harlin. 

Selain Azzahra, akan ada Ressa Kania Dewi yang juga turun di nomor 200 meter gaya ganti. Perenang asal Jawa Timur itu juga bakal turun di nomor 100 meter gaya bebas.

Untuk 400 meter bebas akan ada Fadlan Prawira, lalu 200 meter gaya kupu-kupu akan ada Adinda Larasati Dewi, kemudian Muhammad Fachri juga akan turun bersama Gagarin di nomor 100 meter gaya dada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya