Bocah 10 Tahun Jadi Atlet Termuda Indonesia di SEA Games

Atlet skateboard Indonesia, Kyandra Kailana Susanto.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad Nurhendra Saputra.

VIVA – ?Kyandra Kailana Susanto akan mengikuti SEA Games untuk pertama kalinya. Tidak hanya itu, ia juga menjadi atlet termuda yang tergabung dalam kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina.

Anak Kurt Cobain dan Tony Hawk Resmi Menikah

Kyandra adalah atlet skateboard yang masih berusia 10 tahun. Meski berusia sangat muda, peluang Kyandra untuk membawa pulang medali perunggu cukup terbuka lebar.

"Ini pertama kali ikut SEA Games, rasanya senang sekali. Latihannya sudah lama. Maunya dapat medali, tapi lawannya jago jadi takut juga. Tapi do your best saja," kata Kyandra saat ditemui dalam pengukuhan atlet SEA Games 2019 Filipina, di Hall Basket, Senayan, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

Puluhan Skateboarder Unjuk Kebolehan di Go Skateboarding Day

Kyandra akan turun di nomor street skateboard. Ia mengakui, Vietnam dan Filipina adalah lawan tersulit yang akan dihadapinya. Menurut Kyandra, mereka bagus dari segi skill dan teknik.

Untuk mempersiapkan SEA Games ini, Kyandra melakukan latihan sehari mencapai 4 jam. Siswi kelas 5 sekolah dasar tersebut menjalani latihan setelah selesai sekolah.

Sensasi Menyenangkan Bermain Skateboard di Sekitar Pantai Kuta Bali

Kyandra juga mengalir sering grogi jika akan turun bertanding. Oleh kedua orang tuanya, Kyandra diminta untuk berdoa sebelum bertanding.

"Ya pesan papa sama mama do your best saja. Kalau bisa kalahkan satu atau dua lawan di sana," jelasnya.

Kyandra mengenal skateboard saat berusia sembilan tahun. Awalnya Kyandra tertarik dengan olahraga ini setelah melihat adiknya belajar skateboard dari Youtube.

"Pas saya nonton videonya seru, keren jadi saya suka dan mau coba ikut latihan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya