11 Fakta Menarik Bundesliga Sebelum Digelar Lagi Malam Ini

Para pemain Bayern Munich merayakan gol Robert Lewandowski (tengah)
Sumber :
  • Instagram/@fcbayern

VIVA – ?Kompetisi sepakbola Liga Jerman (Bundesliga) digelar lagi mulai malam ini, Sabtu 16 Mei 2020, setelah rehat lebih dari 2 bulan akibat wabah corona covid-19. Kanselir Jerman, Angela Merkel, mulai melonggarkan aturan lockdown sejak Senin, 20 April 2020, seiring menurunnya angka penyebaran covid-19 di Jerman. 

Meski begitu, laga-laga Bundesliga akan digelar dengan protokol kesehatan sangat ketat dan tanpa penonton. Sebelum menyaksikan lagi serunya Bundesliga, ada beberapa statistik dan fakta menarik untuk kompetisi musim 2019/2020 ini, yang dihimpun dari statistik situs Bundesliga dan berbagai sumber lainnya.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

1. Bayern Munich untuk sementara memimpin klasemen Bundesliga dengan 55 poin, unggul 4 poin atas Borussia Dortmund di bawahnya. Bayern sempat tertatih-tatih di awal musim, tapi der trainer Hans Dieter Flick tampaknya sudah menemukan racikan terbaik pasukannya. 

2. Bayern juga menjadi tim terproduktif dalam 25 laga yang terhenti sementara karena wabah corona covid-19. Serge Gnabry cs menyarangkan 73 gol dan hanya kebobolan 26, rekor terendah bersama Leipzig. Produktivitas Bayern terbilang mengerikan karena nyaris cetak 3 gol per laga.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

3. Bomber Bayern, Robert Lewandowski, menjadi top scorer sementara dengan 25 gol. Lewy unggul 4 gol atas bomber RB Leipzig, Timo Werner.

4. Lewandowski juga memimpin daftar sementara pemain yang melakukan tembakan terbanyak ke gawang lawan dengan 110 kali. Bomber Polandia 31 tahun itu juga mencatatkan rekor fantastis sebagai pemain pertama di Bundesliga yang selalu mencetak gol di 9 pertandingan awal kompetisi. 

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

5. Rekan setim Lewandowski, Thomas Mueller, jaid pengoleksi assist terbanyak (16). Mueller unggul tipis atas pemain muda Dortmund, Jadon Sancho, dengan 15 assist. 

6. Bomber belia yang baru didatangkan Dortmund pada transfer musim dingin, Erling Braut Haaland, juga mencatatkan rekor sensasional. Haaland jadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang mampu mencetak 5 gol dalam 2 pertandingan awal.

Selanjutnya... 728 gol

7. Lanjutan laga Bundesliga yang diputar kembali langsung dibuka dengan Derby Ruhr antara tuan rumah Borussia Dortmund melawan Schalke, Sabtu malam 16 Mei 2020. Derby ini terkenal banjir gol.

8. Hingga pekan 25, sudah 728 gol tercipta di Bundesliga. Dari jumlah tersebut, 330 gol diciptakan melalui kaki kanan, 200 gol kaki kiri, 43 gol penalti, dan 13 gol tendangan bebas.  

9. Giovanni Reyna menjadi pemain termuda Bundesliga pada musim ini. Gelandang serang berpaspor Amerika Serikat milik Borussia Dortmund yang juga putra mantan pemain Bayer Leverkusen dan Manchester City, Claudio Reyna, ini baru berumur 17 tahun, 2 bulan dan 5 hari tampil di laga Dortmund melawan FC Augsburg pada 18 Januari 2020. 

10. Label pemain tertua disandang bomber Werder Bremen, Claudio Pizzaro. Mantan striker Bayern dan FC Koln tersebut berusia 41 tahun, 5 bulan, dan 4 hari ketika tampil di laga Werder Bremen melawan Hertha BSC pada 7 Maret 2020.

11. Kiper Borussia Monchengladbach asal Swiss, Yans Sommer, memegang rekor paling banyak melakukan penyelamatan dengan 97 kali. Pengoleksi kartu merah terbanyak sementara musim adalah pemain Bayer Leverkusen asal Jamaika, Leon Patrick Bailey Butler, dengan 2 kartu merah. 

JADWAL LENGKAP BUNDESLIGA PEKAN 25 (WIB)
Sabtu 16 Mei 2020:

20.30:
Borussia Dortmund vs Schalke 04         
RB Leipzig vs Freiburg         
Hoffenheim vs Hertha 
Fortuna Duesseldorf vs Paderborn         
Augsburg vs Wolfsburg         

23.30: Eintracht Frankfurt vs Borussia M'gladbach         

Minggu 17 Mei 2020:
20.30: Koeln vs Mainz 
23.00: Union Berlin vs Bayern Munich         

Selasa 19 Mei 2020:     
01.30 Werder Bremen vs Bayer Leverkusen 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya